RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas
: VII
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester
: 1 (satu / Gasal )
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
Standar
kompetensi
|
:
|
Mengapresiasi karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
1.
Mengindetifikasi
jenis-jenis lagu etnik dari daerah setempat.
2.
Mengidentifikasi
elemen-lemen musik, Irama, tempo, nada, diamika dari daerah lagu daerah
setempat.
3.
Mendefinisikan
lagu ( Permainan Pergaulan ) yang ada didaerah setempat.
|
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.
Menyebutkan
lagu etnik daerah setempat.
2.
Menyebutkan
elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu etnik daerah
setempat.
3.
Menjelaskan
makna lagu jenis musik daerah lagu“Lir-ilir“.
4.
Menyajikan
lagu etnik daerah setempat Jawa tengah, lagu “Lir-ilir“.
B.
MATERI AJAR
1. Musik
Daerah .
C.
METODE
PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life
Skill.
D.
LANGKAH-
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan
Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Mendengarkan
lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
-
Mendiskusikan
tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik
daerah setempat.
-
Menjelaskan
makna lagu jenis musik daerah setempat.
-
Melakukan
tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
C.
Kegiatan Akhir
Menanyakan kesulitan siswa
selama PBM
Menyimpulkan
Materi Pelajaran
E.
Alat/ SUMBER
BELAJAR
-
Buku “Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. Jakarta :
Erlangga
-
Lagu dareah “Lir - ilir”
-
VCD/CD/kaset, Guru.
F.
PENILAIAN
-
Teknik :
Tes Lisan/ Tertulis / Penugasan
-
Bentuk
instrumen :
1. Sebutkan nama irama, dinamik, tempo pada
lagu “ Lir – ilir“
2. Sebutkan alat musik yang kamu perhatikan
pada CD yang digunakan mengiringi dalam lagu
“Lir - ilir“
3. Berasal dari daerah mana lagu “ Lir -
ilir“
4. Ceritakan makna lagu “ Lir - ilir“ yang
kamu dengarkan
5. Sebutkan 3 judul lagu daerah dari Jawa
Tengah.
FORMAT PENILAIAN
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
1
|
2
|
2
|
1
|
8
|
10
|
10
|
8
|
Keterangan : Nilai tiap soal = a/b x c
Skor butir soal = 8/10x100% = 8
Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ARIYA METTA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1 (satu)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
Mengapresiasikan
karya seni Musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
v Mengidentifikasikan jeni-jenis lagu
etnik dari daerah setempat.
v Mengidentifikasikan elemen-elemen musik,
irama, tempo, nada, dinamika dari lagu daearah setempat.
v Mendeskripsikan lagu ( permainan
Pergaulan) yang ada didaerah setempat.
|
1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa
dapat:
a.
Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan ( Lagu
“Cublak – Cublak Suweng”).
b. Menyebutkan elemen- elemen musik : irama,
tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat ( yang diperdengarkan )
c. Menyebutkan keunikan-keunikan lagu daerah
yang diperdengarkan.
2.
MATERI AJAR
1. Musik Daerah.
3.
METODE
Model Pendekatan Ctl dan
Lifeskill
4.
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Mendengarkan
Lagu “Cublak-Cublak Suweng” melalui Kaset/ VCD
-
Mendiskusikan
tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
-
Memberikan
tanggapan pribadi tentang keunikan lagu Jaranan.
c.
Kegiatan
Akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
Menyimpulkan materi Pembelajaran.
5. Alat / SUMBER BELAJAR
-
Buku
„Seni Budaya 1 untuk SMP“ oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. Jakarta : Erlangga.
-
Kaset
/VCD / Tape Rekorder.
-
Lagu
„Cublak-cublak Suweng“
6.
PENILAIAN
-
Teknik :
Tes tulis
-
Bentuk instrumen : Tes Uraian
-
Instrumen :
1. Sebutkan 4 Judul lagu daerahmu !
2. Dari lagu yang kamu dengar tadi !
Sebutkan alat musik yang digunakan untuk
mengiringi !
Sebutkan fungsi lagu tersebut dalam
kehidupan masyarakat !
Sebutkan hal-hal unik daru lagu tersebut !
3. Tuliskan makna / Interpretasi lagu tersebut
!
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
|||
2
|
4
|
|||
3
|
4
|
|||
10
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro
Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ARIYA
METTA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/
Seni Musik
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VII / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
Mengapresiasikan
karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
|
Indikator
|
:
|
v Mengidentifikasikan jenis-jenis lagu
etnik dari daerah setempat.
v Mengidentifikasikan elemen-elemen musik,
irama, tempo, nada, dinamika dari lagu daerah tersebut.
v Mendeskripsikan lagu ( permainan
pergaulan )yang ada didaerah setempat.
|
1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a. Mendeskripsikan lagu (permainan pergaulan)
dari lagu model “Cublak–cublak Suweng“.
b. Menyanyikan lagu “ Cublak – cublak Suweng“
dengan gerak peragaan.
2. MATERI AJAR
a. Musik Daerah
b. Praktek Musik
3.
METODE
Model pendekatan CTL dan
Lifeskill
4.
LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
1. Mendengarkan lagu “ Cublak-cublak Suweng”
melalui kaset / VCD.
2. Belajar memahami interprestasi lagu “
Cublak-cublak Suweng”
3. Mempelajari lagu “ Cublak-cublak
Suweng” dengan diiringi musik ( Gitar,
Kendang, Keyboard )
4. Menyanyikan lagu “ Cublak-cublak Suweng”
dengan diiringi dan ekspresi permainan pergaulan.
c.
Kegiatan akhir
Tes Perbuatan.
5.
ALAT / SUMBER BELAJAR
- Buku “Seni
Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
- Kaset / VCD
/ Tape Recorder
- Gitar,
Kendang, Keyboard.
6.
PENILAIAN
Teknik : Tes unjuk Kerja
Bentuk instrumen : Uji Petik kerja Prosedur dan produk
Contoh Instrumen :
Nyanyikan lagu Jaranan dengan interpretasi dan ekspresi yang
bagus secara kelompok.
Format Penilaian : Uji Petik
Kerja
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketrampilan
|
|||||
Kekompakan
|
|||||
Harmoni
|
|||||
Kreatifitas
|
|||||
Penampilan
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan : 1 = sangat kurang 4 = baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ARIYA METTA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
|
Indikator
|
:
|
v Menuliskan pola irama lagu etnik
setempat
v Mengaransir secara sederhana
elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat.
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menuliskan pola irama lagu model “Gambang
Suling“.
b. Mengaransir secara sederhana elemen-elemen
musik lagu “Gambang Suling“
2.
Materi Ajar
a. Musik
Daerah
b. Berkarya
Musik
3.
Metode
Model Pendekatan CTL dan
Lifeskill
4.
Langkah –
langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
-
Guru menyanyikan lagu model “Gambang Suling“
-
Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
-
Menerangkan pola irama
-
Bersama siswa merasakan pola irama dengan
tepukan
-
Membentuk kelompok diskusi
-
Mendiskusikan pola irama “Gambang Suling“ bersama kelompoknya
-
Menerangkan aransemen musik
-
Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble
musik
-
Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Gambang Suling“ bersama
kelompoknya.
c. Kegiatan
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi
5.
Sumber
Belajar
- Buku “Seni
Budaya 1 untuk SMP “ oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
- Lagu-lagu
etnik daerah
-
DVCD/cassette/guru.
6.
Penilaian
Teknik : Tes tulis
Bentuk
instrumen : Tes Uraian
1.
Sebutkan 3 contoh lagu daerah Jawa Tengah
2.
Apa yang dimaksud pola irama?
3.
Tuliskan pola irama lagu “Gambang Suling“!
4.
Apa yang dimaksud aransemen?
5.
Sebutkan bagian-bagian
dalam penyajian musik !
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
||
2
|
2
|
2
|
||
3
|
2
|
2
|
||
4
|
2
|
2
|
||
5
|
2
|
2
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
v
Menuliskan pola irama etnik setempat.
v
Mengaransir secara sederhana elemen-elemen
lagu etnik setempat.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Mendengarkan
etnik setempat
2. Membaca
notasi karya lagu etnik setempat.
3. Mengaransir
secara sederhana lagu etnik daerah setempat.
4. Menyajikan
hasil aransemen secara sederhana
II.
Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik
III.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life
Skill..
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan dengan tanya jawab sekitar materi pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti
-
Menuliskan pola irama lagu etnik setempat.
(Gambang Suling)
-
Mengaransir secara sederhana dengan memberikan
melodi kedua dari lagu etnik setempat.
-
Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara
perorangan atau kelompok.
c. Kegiatan
akhir
-
Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok
tentang seni musik daerah setempat.
V.
Alat/Sumber
Belajar
-
Audio visual / pertunjukan musik daerah.
-
Buku teks
-
Alat musik
VI.
Penilaian
-
Teknik :
Tes unjuk kerja
-
Bentuk instrumen :
Uji petik kerja produk
-
Contoh Instrumen
1.
Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang
diperdengarkan!
2.
Bunyikan nada, irama tempo dan dinamika dari lagu etnik
daerah yang diperdengarkan!
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Tinggi rendah not
|
|||||
2
|
Panjang pendek not
|
|||||
3
|
Ketepatan kebutuhan
|
|||||
4
|
Kelancaran
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan : 1 = sangat kurang 4 = baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B. 500119019
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas/Semester :
VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
v
Menampilkan aransmen lagu etnik setempat
secara perorangan atau kelompok.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
Mempraktekkan
hasil aransemen lagu “Gambang Suling”
bersama kelompoknya masing-masing.
II.
Materi Ajar
Lagu “Gambang Suling” .
III.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan ctl dan
lifeskill
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan
Tanya jawab
tentang berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Guru memberi kesempatan kepada masing-masing
kelompok untuk berlatih sesuai dengan partitur yang telah dibuat.
-
Pada waktu kelompok satu menampilkan hasil
aransemennya, kelompok lain memperhatikan dan menyimak.
-
Mempersilakan kelompok lain untuk memberi
tanggapan.
-
Demikian seterusnya sampai semua kelompok
menampilkan hasil kreasinya/hasil aransemennya.
d. Kegiatan
akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
-
Menyimpulkan materi.
V.
Alat/Sumber
Belajar
-
Aransemen/partitur
-
Alat musik melodis, harmonis, ritmis.
VI.
Penilaian
-
Teknik :
Tes unjuk kerja
-
Bentuk instrumen :
Uji petik kerja prosedur dan produk
-
Contoh Instrumen
1.
Mainkan lagu suwe ora jamu sesuai dengan aransemen yang
telah kamu buat bersama kelompokmu!
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Ketrampilan
|
|||||
2
|
Kekompakan
|
|||||
3
|
Harmoni
|
|||||
4
|
Kreativitas
|
|||||
5
|
Penampilan
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat kurang 4
= baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VII (tujuh)
Semester :
2 (genap)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
11. Mengapresiasi karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
11.1 Mengidentifikasi ragam
jenis musik daerah.
|
Indikator
|
:
|
v
Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik
sesuai dengan fungsinya.
v
Mengidentifikasi elemen-elemen musik, irama,
tempo, nada, dinamika, dan dari lagu daerah setempat, lagu daerah Jawa
Barat
v
Mendeskripsikan lagu (permainan pergaulan)
yang ada didaerah setempat.
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a.
Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
b.
Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan
dinamika lagu.
c.
Menjelaskan makna dari lagu jenis musik daerah.
2.
Materi Ajar
a. Struktur
Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah
Jawa Barat “Manuk Dadali” oleh : Sambas
3.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan Ctl dan life
skill
4.
Langkah –
langkah pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait
dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
-
Mendengarkan lagu-lagu Jawa Barat melalui
CD/VCD/kaset/guru.
-
Mendiskusikan tentang elemen musik seperti
irama, tempo, nada, serta dinamika.
-
Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah
diperdengarkan.
-
Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau
tertulis.
c. Kegiatan
akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
Menyimpulkan materi pembelajaran.
5.
Alat/Sumber
Belajar
-
Buku “Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh : Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Lagu daerah “Manuk Dadali”
-
VCD, CD, kaset, guru
6.
Penilaian
-
Teknik :
Tes tulis/tertulis, penugasan
-
Bentuk instrumen
1.
Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang
diperdengarkan!
2.
Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang
diperdengarkan!
3.
Jelaskan nama pencipta lagu “Manuk Dadali”
4.
Ceritakan makna lagu “Manuk Dadali” yang kalian
dengarkan!
5.
Sebutkan tanda mula pada lagu “Manuk Dadali”
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
||
2
|
2
|
2
|
||
3
|
2
|
2
|
||
4
|
2
|
2
|
||
5
|
2
|
2
|
||
10
|
10
|
Keterangan : Nilai tiap soal a/b
x c.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas/Semester :
VII / 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
1.1 Mengekspresikan karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
1.1.2 Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan secara lisan dan
tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
Memberikan
tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
II.
Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu “Karatagan Pahlawan”.
III.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan
Lifeskill
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan
Tanya jawab
tentang berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Guru membentuk kelompok diskusi.
-
Guru memperdengarkan lagu “Karatagan
Pahlawan” melalui VCD.
-
Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan
pada lagu yang diperdengarkan.
-
Masing-masing kelompok memberikan tanggapan
secara lisan.
c. Kegiatan
akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
-
Menyimpulkan materi.
V.
Alat/Sumber
Belajar
-
Buku “ Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs.
SEtyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
VCD,/cassete/guru
-
Lagu “Karatagan Pahlawan”.
VI.
Penilaian
-
Teknik :
Tes tertulis
-
Bentuk instrumen :
Tes uraian
-
Contoh Instrumen
1.
Berasal dari daerah manakah lagu “Karatagan Pahlawan”?
2.
Memakai tangga nada apakah lagu “Karatagan Pahlawan”?
3.
Bagaimana cara menyanyikan lagu “Karatagan Pahlawan”?
4.
Bagaimana pendapatmu tentang keberadaan lagu daerah
pada era sekarang?
5.
Siapa pencipta lagu “Karatagan Pahlawan”?
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
20
|
20
|
||
2
|
20
|
20
|
||
3
|
20
|
20
|
||
4
|
30
|
30
|
||
5
|
10
|
10
|
||
100
|
100
|
Keterangan : Nilai tiap soal a/b
x c.
Jumlah bobot soal sama dengan
nilai tertinggi
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VII / 2
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
1.1 Mengapresiasi karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
1.1.2 Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
v
Menyebutkan unsur keunikan musik daerah
setempat.
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
a. Menyebutkan
unsur keunikan musik daerah setempat.
2.
Materi Ajar
Struktur
Formal Musik Daerah
3.
Metode
Pembelajaran
- Model
pendekatanCTL dan Life skill
4.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan
disajikan.
b. Kegiatan Inti
-
Guru membentuk kelompok diskusi.
-
Guru memperdengarkan tembang Asmarandana.
-
Dengan kelompoknya siswa mendiskusikan tembang
Asmarandana; tangga nada yang dipakai, mendiskusikan unsur keunikan tembang
Asmarandana
-
Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
c. Kegiatan akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
5.
Alat /
Sumber Belajar
-
Buku “Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Tape recorder, cassete, tembang
Asmarandana.
6.
Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk
instrumen : Uraian
Contoh
Instrumen :
-
Sebutkan jadwal lagu yang diperdengarkan pada
tape recorder?
-
Memakai tangga nada apakah tembang Asmarandana?
-
Tulislah syair lagu tersebut!
-
Dimanakah letak unsur keunikan pada tembang
Asmarandana?
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
10
|
10
|
||
2
|
20
|
20
|
||
3
|
20
|
20
|
||
4
|
20
|
20
|
||
5
|
30
|
30
|
||
100
|
100
|
Keterangan : Nilai tiap soal a/b
x c.
Jumlah bobot soal sama dengan
nilai tertinggi
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VII (tujuh)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.1 Mengaransir secara
sederhana lagu daerah setempat.
|
Indikator
|
:
|
v
Menjelaskan prosedur mengaransir musik
v
Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
1.
Menyanyikan lagu daerah “ Gelang si Paku Gelang” secara
kelompok.
2.
Menulis elemen-elemen musik seperti; nada, irama, dan
dinamika lagu daerah yang didengar.
3.
Membuat nada- nada melodi selingan secara sederhana.
4.
Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.
II.
Materi Ajar
a. Berkarya
Musik daerah
III.
Metode
Pembelajaran
- Model
pendekatan CTL dan Life skill.
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab
sambil menjelaskan pokok materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
-
Memperdengarkan satu bentuk arr. Musik melalui
CD/tape.
-
Menirukan/menyanyikan lagu daerah yang didengar.
-
Memulai berlatih menulis aransemen dengan
dipandu guru.
c. Kegiatan akhir
Menanyakan
kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya
arr. Sendiri.
Membuat kesimpulan hasil lagu yang akan diaransir.
V.
Sumber
Belajar
-
Buku “Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Lagu-lagu daerah
-
DVD, VCD, CD, kaset tape recorder /guru
VI.
Penilaian
Teknik : Tes lisan, teks ekspresi
(unjuk kerja)
Bentuk
instrumen : 1. Tirukan nada, irama dan
dinamika lagu yang diperdengarkan
2. Tuliskan hasil arr. Dalam bentuk siap
tampil
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Ketrampilan bermain musik
|
|||||
2
|
Kekompakan kelompok
|
|||||
3
|
Harmoni
|
|||||
4
|
Kreativitas
|
|||||
5
|
Penampilan
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1
= sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat
baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VII (tujuh)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.2 menyajikan karya seni
musik daerah setempat secara perorangan dan berkelompok di kelas.
|
Indikator
|
:
|
v
Membuat perencanaan pagelaran
v
Menyanyikan lagu daerah setempat dengan
aransemen sederhana
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
1.
Membentuk susunan panitia pagelaran.
2.
Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat secara perorangan
3.
Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen
sederhana secara kelompok.
B. Materi Pembelajaran
a. Berkarya
Musik Daerah
b. Pergelaran
Kelas
C. Metode Pembelajaran
- Model
pendekatan CTL dan Lifeskill.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Membuat perencanaan pagelaran
-
Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan
aransemen sederhana
c. Kegiatan akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang lagu
daerah Jawa Barat.
7.
Alat/Sumber
Belajar
-
Buku “Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Cassette/DVCD/guru
8.
Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk
instrumen : Uji petik kerja produk
Contoh
instrumen :
- Menyebutkan susunan panitia pagelaran!
- Nyanyikan lagu daerah Jawa Barat secara perorangan!
- Nyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana secara kelompok.
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Intonasi lagu
|
|||||
2
|
Artikulasi
|
|||||
3
|
Ketepatan ketukan
|
|||||
4
|
Harmonis
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1
= sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat
baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
1 (satu / Gasal )
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit
Standar
kompetensi
|
:
|
Mengapresiasi karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara.
|
Indikator
|
:
|
1.
Menentukan
jenis lagu yang diperdengarkan.
2.
Mengidentifikasi
elemen-lemen musik, Irama, tempo, nada, diamika dari beragam lagu nusantara.
|
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.
Menentukan
ragam musik nusantara dari lagu yang diperdengarkan.
2.
Membedakan
elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagulagu dari beragam
musik nusantara.
3.
Mendeskripsikan
makna lagu Nusantara yang diperdengarkan.
4.
Menyajikan
lagu etnik daerah Nusantara. ( lagu “ si Patokaan“)
B.
MATERI AJAR
1. Musik
Nusantara.
2. Lagu-lagu
Daerah Nusantara.
C.
METODE
PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life
Skill.
D.
LANGKAH-
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan
Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Mendengarkan
lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
-
Bertanya
jawab tentang ragam musik nusantara.
-
Mendiskusikan
tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik
nusantara.
-
Menjelaskan
makna lagu jenis musik nusantara.
-
Melakukan
tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
C.
Kegiatan Akhir
Menanyakan kesulitan siswa
selama PBM
Menyimpulkan
Materi Pelajaran
E.
Alat/ SUMBER
BELAJAR
-
Buku “Seni Budaya 2 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. Jakarta :
Erlangga
-
Lagu dareah “Lir - ilir”
-
VCD/CD/kaset, Guru.
F.
PENILAIAN
-
Teknik :
Tes Lisan/ Tertulis / Penugasan
-
Bentuk
instrumen :
1. Berilah 2 contoh lagu nusantara yang
termasuk dalam ragam musik perjuangan !
2. Sebutkan alat musik yang kamu perhatikan
pada CD yang digunakan mengiringi dalam lagu
“Si Patokaan“
3. Berasal dari daerah mana lagu “ Si
Patokaan“
4. Ceritakan makna lagu “ Si Patokaan“ yang
kamu dengarkan
5. Sebutkan 3 judul lagu daerah dari Sumatera
Barat !
FORMAT PENILAIAN
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
1
|
2
|
2
|
1
|
8
|
10
|
10
|
8
|
Keterangan : Nilai tiap soal = a/b x c
Skor butir soal = 8/10x100% = 8
Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ARIYA METTA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / 1 (satu)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
Mengapresiasikan
karya seni Musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara.
|
Indikator
|
:
|
v Mengidentifikasikan lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi
sosialnya.
v Menuliskan/mengutarakan
keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang di dengar
|
1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa
dapat:
a.
Menyebutkan judul lagu etnik nusantara yang
diperdengarkan.
b. Menyebutkan elemen- elemen musik : irama,
tempo, nada, dinamika dan dari lagu etnik nusantara yang diperdengarkan.
c. Menyebutkan keunikan-keunikan lagu etnik
nusantara yang diperdengarkan.
2.
MATERI AJAR
a. Musik Nusantara
b. Lagu – lagu Nusantara
3.
METODE
Model Pendekatan Ctl dan
Lifeskill
4.
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Mendengarkan
Lagu etnik nusantara melalui Kaset/ VCD
-
Mendiskusikan
tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
-
Memberikan
tanggapan pribadi tentang keunikan lagu etnik nusantara yang diperdengarkan.
c.
Kegiatan
Akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
Menyimpulkan materi Pembelajaran.
5. Alat / SUMBER BELAJAR
-
Buku
„Seni Budaya 2 untuk SMP“ oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. Jakarta : Erlangga.
-
Kaset
/VCD / Tape Rekorder.
6.
PENILAIAN
-
Teknik :
Tes tulis
-
Bentuk instrumen : Tes Uraian
-
Instrumen :
1. Sebutkan 2 Judul lagu daerah Sulawesi !
2. Dari lagu yang kamu dengar tadi :
Sebutkan alat musik yang digunakan untuk
mengiringi penampilannya !
Sebutkan fungsi lagu tersebut dalam
kehidupan masyarakat !
Sebutkan hal-hal unik dari lagu tersebut !
3. Tuliskan makna / Interpretasi lagu tersebut
!
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
|||
2
|
4
|
|||
3
|
4
|
|||
10
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro
Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ARIYA
METTA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/
Seni Musik
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VIII / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
Mengapresiasikan
karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara.
|
Indikator
|
:
|
v Mengidentifikasikan lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi
sosialnya.
v Menuliskan/mengutarakan
keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang di dengar
|
1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a. Mendeskripsikan lagu dari lagu model “Maju
Indonesia“ oleh C. Simanjutak.
b. Menyanyikan lagu “ Maju Indonesia“ dengan
teknik vokal yang sesuai.
2. MATERI AJAR
a. Musik Daerah Nusantara
b. Teknik Vokal
3.
METODE
Model pendekatan CTL dan
Lifeskill
4.
LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
1. Mendengarkan lagu “ Maju Indonesia”
melalui kaset / VCD.
2. Belajar memahami interprestasi lagu “ Maju
Indonesia”
3. Mempelajari lagu “ Maju Indonesia ” dengan diiringi musik ( Gitar, Kendang, Keyboard
)
4. Menyanyikan lagu “ Maju Indonesia” dengan
teknik vokal yang sesuai.
5. Menuliskan/mengutarakan keunikan/keindahan
dan pesan dari lagu “Maju Indonesia“.
c.
Kegiatan akhir
Tes Perbuatan.
5.
ALAT / SUMBER BELAJAR
- Buku “Seni
Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
- Kaset / VCD
/ Tape Recorder
- Gitar,
Kendang, Keyboard.
6.
PENILAIAN
Teknik : Tes unjuk Kerja
Bentuk instrumen : Uji Petik kerja Prosedur dan produk
Contoh Instrumen :
Nyanyikan lagu Jaranan dengan interpretasi dan ekspresi yang
bagus secara kelompok.
Format Penilaian : Uji Petik
Kerja
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Intonasi
|
|||||
Artikulasi
|
|||||
Pernafasan
|
|||||
Penyampaian ide
|
|||||
Penguasaan Bahasa
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan : 1 = sangat kurang 4 = baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ARIYA METTA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1 Mengaransir secara
sederhana karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
|
Indikator
|
:
|
v Menuliskan pola irama, nada, dinamika
lagu etnik Nusantara
v Menuliskan jenis-jenis pola irama untuk
mengiringi lagu etnik Nusantara.
v Menggabngkan elemen-elemen musik melalui
alat musik.
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Berlatih teknik memainkan rekorder sopran
pada lagu “Ibu Kita Kartini“ sesuai dengan partitur.
b. Berlatih teknik memainkan gitar akustik
untuk mengiringi lagu “Ibu Kita Kartini“ sesuai dengan partitur.
c. Menuliskan pola irama lagu yang sesuai
pada lagu model “Ibu Kita Kartini“ ciptaan WR. Soepratman.
d. Mengaransir secara sederhana elemen-elemen
musik lagu “Ibu Kita Kartini“ secara kelompok.
e. Mempraktekkan hasil aransmen lagu “Ibu
Kita Kartini“ dalam bentuk musik
ansambel.
2.
Materi Ajar
a. Musik
Ansambel
b. Aransmen
Musik secara sederhana.
3.
Metode
Model Pendekatan CTL dan
Lifeskill
4.
Langkah –
langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
-
Guru menyanyikan lagu model “Ibu Kita Kartini“ ciptaan WR. Soepratman.
-
Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
-
Menerangkan pola irama
-
Bersama siswa merasakan pola irama dengan
tepukan
-
Berlatih teknik memainkan alat musik rekorder
sopran dan gitar akustik
-
Mendiskusikan pola irama yang sesuai untuk mengiringi lagu “Ibu Kita Kartini“ bersama
kelompoknya
-
Menerangkan aransemen musik
-
Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble
musik
-
Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Ibu Kita Kartini“ bersama
kelompoknya.
-
Mempraktekkan hasil aransmen lagu model.
c. Kegiatan
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi
5.
Sumber
Belajar
- Buku “Seni
Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
- Kaset / VCD
/ Tape Recorder
- Gitar,
Kendang, Keyboard, rekorder sopran.
6.
Penilaian
Teknik : Tes Unjuk Kerja
Bentuk
instrumen : Uji petik kerja prosedur dan
produk
Contoh
instrumen :
1.
Praktekkan bersama kelompokmu hasil aranmen lagu “Ibu
Kita Kartini” !
Format penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kedisiplinan dalam latihan
|
|||||
2
|
Minat dalam belajar
|
|||||
3
|
Kreativitas
|
|||||
4
|
Pola irama
|
|||||
5
|
Kekompakan
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat kurang 4
= baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas/Semester : VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.2 Menampilkan hasil aransemen
karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel.
|
Indikator
|
:
|
v
Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang
sudah diaransir dalam versi alat musik.
v
Memainkan sebuah lagu etnik Nusantara yang
sudah diaransir dalam versi vokal.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Menyanyikan
lagu “Ibu Pertiwi”
2. Mengaransir
lagu “Ibu Pertiwi” dengan memberikan melodi keduanya.
3. Menyanyikan
hasil aransmen sederhana lagu “Ibu Pertiwi” secara kelompok dalam dua suara.
4. Membuat
melodi – melodi selingan untuk berkarya musik ansambel.
5. Menampilkan
hasil aransmen sederhana lagu “Ibu Pertiwi” dalam bentuk ansambel musik.
II.
Materi Ajar
a. Musik Ansambel
b. Berkarya Musik
III.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life
skill.
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan dengan tanya jawab sekitar materi pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti
-
Menyanyikan lagu “Ibu Pertiwi “
-
Mengaransir secara sederhana dengan memberikan
melodi kedua dari lagu “Ibu Pertiwi”.
-
Menampilkan aransemen lagu “Ibu Pertiwi” dalam
dua suara secara berkelompok.
-
Membuat melodi- melodi selingan ; prelude,
interkude dan postlude.
-
Berlatih teknik bermain musik ansambel
-
Menampilkan hasil aransmen sedrrhana lagu “Ibu
Petiwi” dalam bentuk musik ansambel.
c. Kegiatan
akhir
-
Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok
tentang kualitas karya dan penapilan hasil aransmen musik tiap kelompok.
V.
Alat/Sumber
Belajar
-
Audio visual / pertunjukan musik nusantara.
-
Buku “Seni Budaya 1 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Alat musik
VI.
Penilaian
-
Teknik :
Tes unjuk kerja
-
Bentuk instrumen :
Uji petik kerja produk
-
Contoh Instrumen
1.
Tampilkan hasil aranmen sederhana lagu “Ibu Pertiwi”
dalam dua suara bersama dengan kelompokmu !
2.
Tunjukkan hasil aransmen sederhana lagu “Ibu Pertiwi”
dalam bentuk musik ansambel !
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Ketrampilan bermain musik
|
|||||
2
|
Kekompakan kelompok
|
|||||
3
|
Harmoni
|
|||||
4
|
Kreativitas
|
|||||
5
|
Penampilan
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1
= sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat
baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Semester :
2 (genap)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
11. Mengapresiasi karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
11.1 Mengidentifikasi ragam
jenis musik etnik nusantara.
|
Indikator
|
:
|
v
Mengidentifikasi beragam karya musik
nusantara sesuai dengan instrumen
musik yang digunakan.
v
Mengidentifikasi elemen-elemen musik, irama,
tempo, nada, dinamika musik nusantara yang diperdengarkan.
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a.
Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
b.
Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan
dinamika lagu.
c.
Menyebutkan instrumen musik yang dipergunakan dalam
lagu yang diperdengarkan.
2.
Materi Ajar
Musik
Keroncong
3.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life
skill
4.
Langkah –
langkah pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait
dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
-
Mendengarkan lagu-lagu keroncong melalui
CD/VCD/kaset/guru.
-
Mendiskusikan tentang elemen musik seperti
irama, tempo, nada, serta dinamika.
-
Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah
diperdengarkan.
c. Kegiatan
akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
Menyimpulkan materi pembelajaran.
5.
Alat/Sumber
Belajar
-
Buku “Seni Budaya 2 untuk SMP” oleh : Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
VCD, CD, kaset, guru
6.
Penilaian
-
Teknik :
Tes tulis/tertulis, penugasan
-
Bentuk instrumen
1.
Sebutkan judul lagu keroncong karya Gesang yang
terkenal sampai negeri Sakura!
2.
Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang
diperdengarkan!
3.
Sebutkan ciri-ciri dari musik langgam !
4.
Instrumen apa saja yang dgunakan dalam musik keroncong
?
5.
Bagaimanakah pembawaan vokal dalam musik keroncong ?
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
||
2
|
2
|
2
|
||
3
|
2
|
2
|
||
4
|
2
|
2
|
||
5
|
2
|
2
|
||
10
|
10
|
Keterangan : Nilai tiap soal a/b
x c.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Mata Pelajaran :
Seni Musik
Kelas/Semester :
VIII / 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
1.1 Mengekspresikan karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu etnik
nusantara.
|
Indikator
|
:
|
v
Mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk tulisan
terhadap lagu yang diperdengarkan dari instrumen yang dipergunakan.
v
Mengungkapkan kesan dalam tulisan terhadap isi
syair lagu.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
Memberikan
tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
II.
Materi Ajar
a. Musik Keroncong
b. Lagu “Rangkaian Melati”.
III.
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan
Lifeskill
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan
Tanya jawab
tentang berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Guru membentuk kelompok diskusi.
-
Guru memperdengarkan lagu “Rangkaian Melati”
melalui VCD.
-
Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan
pada lagu yang diperdengarkan dari instrumen yang dipergunakan dan isi syair
lagu.
-
Masing-masing kelompok memberikan tanggapan
secara lisan dan tertulis
c. Kegiatan
akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
-
Menyimpulkan materi.
V.
Alat/Sumber
Belajar
-
Buku “ Seni Budaya 2 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
VCD,/cassete/guru
-
Lagu “Rangkaian Melati”.
VI.
Penilaian
-
Teknik :
Tes tertulis
-
Bentuk instrumen :
Tes uraian
-
Contoh Instrumen
1.
Siapakah pencipta lagu “Rangkaian Melati”?
2.
Bagaiman pendapatmu tentang keberadaan lagu-lagu
keroncog pada masa sekarang ?
3.
Bagaimana pendapatmu tentang teknik permainan biola
dalam mengiringi lagu “Rangkaian Melati” yang kalian dengar?
4.
Apakah judul lagu sudah sesuai dengan syair yang
dinyanyikan ?
5.
Bagaimana kesan kalian erhadap isi/pesan yang
disampaikan dalam lagu tersebut?
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah
Perolehan (a)
|
Skor Mentah
Maksimum (b)
|
Bobot soal skor
Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
10
|
10
|
||
2
|
20
|
20
|
||
3
|
20
|
20
|
||
4
|
10
|
10
|
||
5
|
40
|
40
|
||
100
|
100
|
Keterangan : Nilai tiap soal a/b
x c.
Jumlah bobot soal sama dengan
nilai tertinggi
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara.
|
Indikator
|
:
|
v
Mengaransir secara sederhana lagu etnik
Nusantara
v
Menyusun pola irama, melodi berdasarkan musik
Nusantara
|
II.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
1.
Menyanyikan lagu “ O Ulate” dari daerah Maluku secara
kelompok.
2.
Memberikan rangkaian gerak akor yang sesuai dengan lagu
“ O Ulate”.
3.
Membuat variasi pola irama/ pengiring dalam lagu “ O
Ulate” .
4.
Membuat variasi nada-nada melodi pada lagu “ O Ulate”.
5.
Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.
III.
Materi Ajar
a. Berkreasi
Musik Nusantara.
IV.
Metode
Pembelajaran
- Model
pendekatan CTL dan Life skill.
V.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab
sambil menjelaskan pokok materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
-
Menyanyikan lagu “ O Ulate”bersama-sama.
-
Mengaplikasikan unsur-unsur musik ke dalam lagu
“ O Ulate” , seperti memberikan rangkaian gerak akor yang sesuai, membuat
variasi pola irama/pengiring, dan memainkan variasi nada-nada melodi..
-
Berdiskusi kelompok untuk membuat aransir
sederhana terhadap lagu“ O Ulate”.
c. Kegiatan akhir
Menanyakan
kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya
arr. Sendiri.
Membuat kesimpulan hasil lagu yang telah diaransir.
VI.
Sumber
Belajar
-
Buku “Seni Budaya 2 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Lagu “ O Ulate”
-
Gitar, piano, organ
VII.
Penilaian
Teknik : Tes lisan, teks ekspresi
(unjuk kerja)
Bentuk
instrumen :
1. Nyanyikan
lagu “ O Ulate” bersama-sama dalam kelompokmu !
2. Buatlah
rangkaian gerak akor yang sesuai untuk lagu “ O Ulate” !
3.Tuliskan
variasi pola irama/pengiring yang dapat disesuaikan dalam lagu“ O Ulate” !
4. Buatlah
variasi nada-nada melodi untuk lagu “ O Ulate” !
5.Tuliskan
hasil aransmen lagu tersebut dalam bentuk siap tampil !
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kekompakan kelompok
|
|||||
2
|
Kreativitas
|
|||||
3
|
Harmonisasi
|
|||||
4
|
Ketepatan irama
|
|||||
5
|
Aransmen lagu
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1
= sangat kurang 4
= baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.2 Menyajikan karya seni
musik etnik Nusantara untuk disajikan secara perorangan dan kelompok di kelas
atau sekolah.
|
Indikator
|
:
|
v
Membuat perencanaan pementasan di dalam kelas
dengan menyanyikan lagu etnik nusantara
v
Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat
musik melodis secara individu maupun kelompok.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
1.
Membentuk susunan panitia pagelaran.
2.
Menyanyikan lagu etnik nusantara sesuai pilihan
kelompok
3.
Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik
melodis secara kelompok.
B. Materi Pembelajaran
a. Kreasi
Musik Nusantara
b. Pergelaran
Kelas
C. Metode Pembelajaran
- Model
pendekatan CTL dan Lifeskill.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
-
Membuat perencanaan pagelaran
-
Menyanyikan lagu etnik nusantara sesuai pilihan
dalam kelompoknya
-
Berlatih secara kelompok lagu pilihan dengan
alat musik melodis
-
Menuliskan hasil aransmen sederhana lagu pilihan
dalam kelompok
c. Kegiatan akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menugaskan untuk berlatih memainkan hasil
aransmen secara kelompok.
7.
Alat/Sumber
Belajar
-
Buku “Seni Budaya 2 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Cassette/DVCD/guru
-
Rekorder sopran, pianika, gitar akustik
8.
Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk
instrumen : Uji petik kerja produk
Contoh
instrumen :
- Bentuklah susunan panitia pagelaran!
- Nyanyikanlah lagu nusantara pilihan bersam dalam kelompok kalian !
- Buatlah aransmen sederhana untuk lagu pilihan tersebut !
- Berlatihlah memainkan melodi lagu tersebut dengan menggunakan alat musik melodis
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kepanitiaan
|
|||||
2
|
Kekompakan kelompok
|
|||||
3
|
Kreativitas aransmen
|
|||||
4
|
Kedisiplinan dalam berlatih
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat
kurang 4
= baik
2
= kurang 5 =
sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ARIYA METTA
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.3 Menyajikan karya seni
musik etnik nusantara secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.
|
Indikator
|
:
|
v
Memainkan satu lagu nusantara dengan alat
musik melodis secara individu
v
Memainkan satu lagu nusantara dengan alat
musik melodis dalam ansambel musik.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
a. Membentuk
susunan panitia pagelaran.
b. Memainkan
lagu “O Ulate “ dengan alat musik melodis secara individu
c. Memainkan
lagu “O Ulate “ dengan alat musik melodis dalam ansambel musik
B. Materi Pembelajaran
a. Kreasi
Musik Nusantara
b. Pergelaran
Kelas
C. Metode Pembelajaran
- Model
pendekatan CTL dan Lifeskill.
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
pendahuluan
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan
Inti
- Mengadakan persiapan pelaksanaan pergelaran
- Penampilan lgu “O Ulate” dengan alat musik
melodis secara individu
- Penampilan hasil aransmen lagu “O Ulate”
dengan alat musik melodis dalam musik ansambel.
c. Kegiatan akhir
-
Menanyakan kesulitan siswa selama pergelaran
-
Mengadakan penilaian terhadap keberhasilan
pergelaran
F. Alat/Sumber Belajar
-
Buku “Seni Budaya 2 untuk SMP” oleh Drs.
Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-
Cassette/DVCD/guru
-
Rekorder sopran, pianika, gitar akustik
G. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk
instrumen : Uji petik kerja produk
Contoh
instrumen :
1. Mainkan melodi lagu “ O Ulate’ dengan menggunakan alat musik melodis
secara individu !
2. Pergelarkan hasil aransmen lagu “O Ulate” dengan menggunakan alat
musik melodis dalam musik ansambel !
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Teknik bermain
|
|||||
2
|
Penampilan
|
|||||
3
|
Kreativitas aransmen
|
|||||
4
|
Ketepatan irama
|
|||||
5
|
Ketepatan nada
|
|||||
6
|
Kekompakan kelompok
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat
kurang 4
= baik
2
= kurang 5 =
sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30 November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B.
|
Keterangan ceklis pada angka :
1
= sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat
baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Amid, S.Pd.I
|
Tangerang, 30
November 2010
Guru Mata Pelajaran
Ponco Putro Widodo, S.Pd.B
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar