Senin, 26 Maret 2012

RPP PKN KELAS 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :     SMP ARIYA METTA
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar             :     1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara.
·         Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)


Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara;
2.      menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara;
3.      menuliskan rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta;
4.      menuliskan rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.

Materi Pembelajaran

1.      Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara.
2.      Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Metode Pembelajaran

  1. Telaah referensi
  2. Diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Ceramah bervariasi tentang pemahaman konsep ideologi dan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa.
b.      Kajian pustaka dan diskusi tentang proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Penutup
a.       Mengumpulkan hasil diskusi.
b.      Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit





10 menit






  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit







60 menit





10 menit



Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 1—19.
  2. Buku atau tulisan tentang Pancasila
  3. Media internet

Penilaian


  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 3, 19)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















     
      Keterangan: nilai maksimal 20

2.      Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 10, 18)
3.      Mencari infomasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 7)
4.      Isian singkat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 11)
5.      Tes pilihan ganda
Contoh:
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
a.       menjadi bangsa yang kuat
b.      memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
c.       mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
d.      mampu mempertahankan kelangsungan hidup bangsanya
2.      Pancasila sebagai dasar negara secara yuridis disahkan pada ...
a.       tanggal 1 Juli 1945
b.      tanggal 17 Agustus 1945
c.       tanggal 18 Agustus 1945
d.      tanggal 17 Agustus 1950
3.      Rumusan Pancasila sebagai ideologi yang benar dan sah tercantum
dalam ...
a.       Piagam Jakarta
b.      UUD 1945
c.       Pembukaan UUD 1945
d.      undang-undang
4.      Ideologi negara Indonesia berasal dari ...
a.       ideologi bangsa lain yang dianggap baik
b.      nilai-nilai kehidupan dan kebudayaan bangsa sendiri
c.       pandangan para pendiri bangsa
d.      pandangan seseorang yang dihormati      
                 
5.      Berdasarkan Undang-Undang No.10 Tahun 2004, Pancasila berkedudukan sebagai ....
a.       pandangan hidup bangsa
b.      kepribadian bangsa
c.       perjanjian luhur bangsa
d.      sumber dari segala sumber hukum

6.      Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa!
2.      Tuliskan rumusan Pancasila yang tercantum dalam Piagam Jakarta
3.      Tuliskan rumusan pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar             :     1.2 Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
Indikator                           :     ·    Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia sejak zaman nenek moyang;
2.      menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila Pertama;
3.      menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila kedua;
4.      menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ketiga;
5.      menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila keempat;
6.      menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila kelima.

Materi Pembelajaran
Nilai-nilai Pancasila

Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.                                                                                                                  Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.




3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Secara berkelompok, siswa ditugaskan menelaah nilai-nilai Pancasila melalui berbagai buku sumber.
b.      Siswa mempresentasikan hasil telaah di depan kelas. 

Penutup
a.       Melakukan post test.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit







60 menit





10 menit





  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.






3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa menelaah acara televisi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan mendiskusikannya dalam kelompok.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit





10 menit




Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 19—24.
  2. Buku atau tulisan tentang Pancasila
  3. Media internet

Penilaian
  1. Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)
  2. Tes pilihan ganda
Contoh:
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara
lain adalah ....
a.       menghargai perbedaan pendapat
b.      menghragai hasil karya orang lain
c.       memiliki semangat gotong-royong
d.      menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*
  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25)
  2. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
Berikan 5 contoh sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila di lingkungan sekolah!
  1. Penugasan (Tugas Proyek dan Presentasi)
Bentuklah lima kelompok. Tugas setiap kelompok  adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan kalian yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok kalian di hadapan kelompok lain!

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok/presentasi.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















     
      Keterangan: nilai maksimal 20

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

                             














                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar             :     1.3 Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pentingnya sikap positif tehadap Pancasila.
·         Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit


A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila;
2.       menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

B.     Materi Pembelajaran
Sikap positif terhadap Pancasila

C.   Metode Pembelajaran

  1. Analisis kasus
  2. Diskusi

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.








3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Secara berkelompok, siswa ditugaskan menganalisis kasus yang berkaitan dengan sikap warga negara terhadap Pancasila (contoh kasus dapat berupa sikap postip untuk kelompok tertentu dan sikap negatif untuk kelompok yang lain).
b.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. 

Penutup
d.      Melakukan post test.
e.       Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit







10 menit




E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 24—25
  2. Buku atau tulisan tentang Pancasila
  3. Media internet

F.     Penilaian

  1. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
2.      Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa!
3.      Jelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila!
  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25)




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar             :     1.4 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
Indikator                           :     ·    Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit


A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. Memberikan contoh dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menampilkan sikap perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
 
B.     Materi Pembelajaran
Sikap Positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

C.   Metode Pembelajaran

  1. Analisis kasus
  2. Diskusi

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.




3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.


Kegiatan Inti
a.       Tanya jawab tugas minggu sebelumnya.
b.      Mengumpulkan hasil tugas.
c.       Melakukan refleksi.

Penutup
a.       Melakukan post test.
b.      Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit









60 menit







menit



E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 25—26
  2. Buku atau tulisan tentang Pancasila

F.    Penilaian

  1. Pengamatan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)
  2. Penugasan (Tugas Proyek dan diskusi)
Contoh:
Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!
  1. Tes uraian
Contoh:
Berikan contoh sikap positif positif terhadap Pancasila di lingkungan sekolah!



________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     2.   Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     2.1 Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pengertian konstitusi.
·         Menjelaskan pentingnya konstitusi.
·         Menguraikan konstitusi yang berlaku di Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit



A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pengertian konstitusi;
2.      menjelaskan pentingnya konstitusi;
3.      menyebutkan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia;
4.      menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 hasil amandemen;
5.      menjelaskan sistem pemerintahan presidensial;
6.      menjelaskan sistem pemerintahan parlementer.


B.     Materi Pembelajaran
Berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia

Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.










3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Memberi penjelasan umum tentang konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.
b.      Melakukan kajian pustaka dengan menelaah sistem ketatanegaraan menurut UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950.
c.       Membagi siswa menjadi 6 kelompok.
d.      Tiap kelompok berdiskusi berdiskusi sesuai tema atau topik yang ditentukan.
e.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.      Pos test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit








60 menit









10 menit



Sumber Pembelajaran

  • Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
  • hlm. 29—44 (ESIS, 2007), hlm. 29—44
  • UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
  • Artikel surat kabar tentang amandemen


Penilaian

  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 32)
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34)
  3. Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 35)
Berikut ini format penilaian unjuk karya.

No
Nama Siswa
Kreativitas
Kerapian
Tampilan
Jumlah Nilai
1





2





dst.











  1. Tes uraian (pada akhir kegiatan pembelajaran)
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Sebutkan berbagai konstitusi yang pernah belaku di Indonesia!
2.      Jelaskan sistem pemerintahan presidensial!
3.      Jelaskan sistem pemerintahan parlementer!



________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     2.   Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     2.2 Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949.
·         Menunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi.
·         Menjelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit


A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menunjukkan bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949;
  2. menunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi;
  3. menjelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949.
  2. Contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi.
  3. Akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.


C.   Metode

1.      Penugasan
2.      Diskusi




D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.









3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Memberi penjelasan umum tentang tugas-tugas kelompok untuk mengkaji bahan pustaka tentang penyimpangan terhadap konstitusi/UUD.
b.      Memberi tugas pengkajian bahan pustaka secara berkelompok.
c.       Menugasi siswa berdiskusi tentang akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi/UUD.
d.      Meminta siswa berpresentasi secara berkelompok.

Penutup
a.       Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit









10 menit


E.     Sumber Pembelajaran
  • Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 29—44
  • Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
  • UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
  • Artikel surat kabar tentang amandemen

 

F.    Penilaian

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34, 44)
  2. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 44)
  3. Tes pilihan ganda dan tes uraian (akhir pertemuan pembelajaran)
Contoh:
    • Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949          adalah ....
a.       pemberlakuan UUDS
b.      berlakunya sistem parlementer*
c.       pembubaran Konstituante
d.      penangkatan Presiden seumur hidup

    • Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi!
2.      Jelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     2.   Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     2.3 Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945.
Indikator                           :     ·    Menguraikan kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD 1945.
·         Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menyebutkan kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD 1945;
  2. menjelaskan alasan tidak dilakukan perubahan dalam Pembukaan UUD 1945;
  3. memberi contoh pasal-pasal dalam UUD 1945 yang diubah;
  4. menunjukan pasal atau bab UUD 1945 yang dihapus;
  5. menunjukan pasal dalam UUD 1945 yang dipartahankan;
  6. membandingkan sistemaka UUD 1945 sebelum dan sesudah diamandemen.

B.     Materi Pembelajaran
Kajian terhadap amandemen UUD 1945 meliputi:
  1. Amandemem UUD 1945
  2. Pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945

C.   Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Penugasan
  3. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.







3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Penjelasan umum tentang garis-garis besar materi yang akan dipelajari.
b.      Mengkaji artikel tentang amandemen UUD 1945.
c.       Mengkaji naskah UUD 1945 sebelum dan setelah diamandemen.
d.      Diskusi tentang hasil-hasil amandemen UUD 1945.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit







10 menit


E.     Sumber Pembelajaran
  • Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 44—47
  • Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
  • UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
  • Artikel surat kabar tentang amandemen

F.    Penilaian

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 47)
  2. Tes uraian dan PR (akhir kegiatan pembelajaran)
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Sebutkan hasil kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD 1945!
2.      Jelaskan mengapa tidak dilakukan perubahan dalam Pembukaan UUD 1945!
3.      Tuliskanlah salah satu contoh pasal UUD 1945 yang diubah!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn

______________                                                                          __________________


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     2.   Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen.
Indikator                           :     ·    Menerapkan perilaku sesuai dengan pasal-pasal dalam UUD 1945.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit


 

A.    Tujuan pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan manfaat dan pentingnya menerapkan UUD 1945;
  2. menampilkan sikap mematuhi UUD 1945.

B.   Materi Pembelajaran

Sikap Positif terhadap UUD 1945.

C.   Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Tanya jawab tentang pasal pasal UUD 1945.
b.      Ceramah bervariasi pentingnya mentaati UUD 1945.
c.       Tanya jawab tentang contoh sikap perilaku terhadap UUD 1945 hasil amandemen.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit





10    menit


E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 44—47
  1. Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
  2. UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
  3. Artikel surat kabar tentang amandemen

F.    Penilaian

  1. Wawancara dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)
  3. Tes skala sikap
Contoh:
Berilah tanda V (centang) pada kolom sebelah kanan.
No
Sikap
1
2
3
4
5
1
Mengikuti upacara bendera





2.
Masuk sekolah tepat waktu





3.
Menghormati guru





4.
Menghormati teman





5.
Berpartisipasi  dalam kegiatan sekolah





6.
Menghormat bendera dengan khidmat





Keterangan:
1 = selalu
2 = sering
3 = kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak pernah
  1. Tes uraian (akhir kegiatan pembelajaran)


________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     3.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar             :     3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan nasional.
·         Menguraikan jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan;
2.      menyebutkan jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional;
3.      menjelaskan fungsi kedudukan UUD 1945;
4.      menguraikan fungsi dan kedudukan UU;
5.      menguraikan fungsi dan kedudukan PP dan Perpu.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Fungsi peraturan perundang-undangan
  2. Jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

C.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah  bervariasi
  2. Tanya jawab

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan konsep fungsi peraturan perundang-undangan.
b.      Kajian pustaka mengenai bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.       Mengadakan post test.
d.      Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi.
e.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit





10 menit



11    menit



E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS, 2007),  hlm. 54—63
  1. UU No. 10/ 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan
  2. UUD 1945

F.    Penilaian

  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 55, 63)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















      Keterangan: nilai maksimal 20

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 59)
  2. Isian singkat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)
  3. Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)





Berikut ini format penilaian unjuk karya.

No
Nama Siswa
Kreativitas
Kerapian
Tampilan
Jumlah Nilai
1





2





dst.






  1. Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 61)
  2. Tes uraian dan pilihan ganda
Contoh:
·         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
2.      Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan?
3.      Sebutkan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional menurut UU nomer 10 tahun 2004?
4.      Jelaskan mengapa presiden membuat peraturan pemerintah pengganti undang-undang!
5.      Berikan salah satu contoh peraturan daerah!

·         Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah undang-undang adalah ....
a.       Ketetapan MPR
b.      Peraturan Pemerintah*
c.       Peraturan Presiden
d.       Keputusan Presiden

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     3.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar             :     3.2 Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional.
Indikator                           :     ·    Mendekripsikan proses pembuatan undang-undang.
·         Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan daerah.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x Pertemuan)



A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menyebutkan tahap-tahap proses pembentukan undang-undang;
  2. menyebutkan tahap-tahap proses pembentukan Perda;
  3. menjelaskan proses pembentukan undang-undang pada tahap persiapan;
  4. menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan undang-undang;
  5. menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan Perda;

B.   Materi Pembelajaran

  1. Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang.
  2. Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah.

 

C.   Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Berdiskusi

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran


1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.









3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Memberi penjelasan konsep secara umum tentang proses pembuatan peraturan perundang-undangan.
b.      Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
c.       Membagi siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah ditentukan.
d.      Meminta siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.

Penutup
a.       Mengumpulkan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk persiapan presentasi pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit








10 menit


2.         Pertemuan II


No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit







60 menit







10    menit


E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 63—70
  2. Artikel/berita surat kabar, media internet
  3. LKS (jika ada)

F.    Penilaian

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 69)
  2. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 70)
Berikut ini format penilaian diskusi.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama

















      Keterangan: nilai maksimal 20
     
3.      Penugasan (PR)
      Contoh:
      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Sebutkan tahap-tahap pembentukan undang-undang dan Perda!
2.      Sebtkan lembaga yang terlibat dalam pembentukan undang-undang dan Perda
3.      Jelaskan proses tahap persiapan pembentukan undang-undang!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     3.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar             :     3.3 Menaati peraturan perundang-undangan nasional.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
                                                ·    Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan;
  2. menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
  2. Bentuk ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

C.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Tanya jawab

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
c.       Menjelaskan konsep kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
d.      Tanya jawab tentang bentuk ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.       Mengadakan post test.
d.      Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit





10 menit



12    menit



E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
            (ESIS, 2007),  hlm. 70—74
  1. Peraturan Perundang-undangan
  2. Artikel/berita surat kabar

F.    Penilaian

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 73)
  2. Tes uraian
  3. Penugasan (PR)




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     3.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar             :     3.4 Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
Indikator                           :     ·    Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah.
·         Menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. mengidentifikasi kasus korupsi di daerah;
  2. menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Kasus korupsi di daerah.
  2. Usaha pemberantasan korupsi di Indonesia.

C.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Penugasan

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.








3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Memberi penjelasan umum tentang kasus korupsi di Indonesia.
b.      Memberi tugas pengkajian bahan pustaka secara berkelompok.
c.       Menugasi siswa berdiskusi tentang kasus korupsi di Indonesia dan upaya pemberantasannya.
d.      Meminta siswa berpresentasi secara berkelompok

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.       Mengadakan post test.
d.      Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit








10 menit

13    enit



E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
            (ESIS, 2007),  hlm. 77—87
  1. Pemberitaan media massa mengenai kasus korupsi di Indonesia dan upaya pemberantasannya

F.    Penilaian

  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 79). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 83, 87)
  3. Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 84, 87). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
  4. Penugasan (tugas rumah)




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     3.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar             :     3.5 Mendeskripsikan pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di Indonesia.
Indikator                           :     ·    Merumuskan pengertian korupsi.
·         Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi.
·         Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. merumuskan pengertian korupsi.
  2. menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi.
  3. menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Pengertian korupsi.
  2. Landasan hukum pemberantasan korupsi.
  3. Lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.

C.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Penugasan













D.   Langkah-Langkah Pembelajaran


No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.











3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Memberi penjelasan umum tentang kasus korupsi, landasan hukum pemberantasan korupsi, dan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi yang ada di Indonesia.
b.      Memberi tugas pengkajian bahan pustaka secara berkelompok.
c.       Menugasi siswa berdiskusi tentang landasan hukum dan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia.
d.      Meminta siswa berpresentasi secara berkelompok.

Penutup
a.       Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
c.       Mengadakan post test.
d.      Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas.
10 menit







60 menit











10 menit

14    enit


E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
            (ESIS, 2007),  hlm. 87—92
  1. UU No. 29 Thn 1999, UU No. 31 Thn 1999

F.    Penilaian

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 91)
  2. Mencari informasi dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 92). Untuk format penilaian diskusi, lihat Lampiran 1
  3. Tes uraian
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn

______________                                                                          __________________


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     4.   Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
Kompetensi Dasar             :     4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pengertian demokrasi.
·         Menguraikan sejarah perkembangan dan demokrasi.
·         Menguraikan macam-macam demokrasi.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x Pertemuan)



A.   Tujuan pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pengertian demokrasi;
2.      menguraikan sejarah perkembangan demokrasi;
3.      menguraikan macam-macam demokrasi.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Pengertian demokrasi.
  2. Sejarah perkembangan demokrasi.
  3. Macam-macam demokrasi.

 

C.   Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran


1.         Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.







3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
b.      Membagi siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah ditentukan.
c.      Meminta siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.

Penutup
a.       Mengumpulkan hasil diskusi.
b.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
c.       Melakukan refleksi.
d.      Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa untuk mempersiapkan presentasi pada pertemuan selanjutnya.

10 menit








60 menit






10 menit


2.                                                            Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit




10 menit


E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 100—118.
  2. Artikel/berita media massa
  3. LKS (jika ada)

F.     Penilaian
  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 101)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















      Keterangan: nilai maksimal 20

  1. Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 103)
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)
  3. Membuat tulisan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)
  4. Tes uraian dan pilihan ganda.
Contoh:
·         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertian demokrasi?
2.      Jelaskan sejarah perkembangan demokrasi?
3.      Uraikan macam-macam demokrasi.?

·         Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
    1. Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana
      karena....
                                                             a.      jumlah penduduknya sedikit*
                                                            b.      permasalahannya sederhana
                                                             c.      kehidupan politik-nya stabil
                                                            d.      masyarakatnya homogen
2.      Demokrasi yang diterapkan di negara-negara Barat, seperti Amerika            serikat, adalah demokrasi ....
a.       rakyat
b.      liberal*
c.       totaliter
d.      terpimpin

    1. Di bawah ini yang merupakan penerapan demokrasi langsung adalah pemilihan ….
a. kepala desa
b. camat
c. ketua pengadilan
d. ketua DPRD
    1. Dasar hukum demokrasi di di Indonesia terdapat dalam UUD 1945 pasal….
a.       1 ayat 1
b.      1 ayat 2
c.       2 ayat 1
d.      2 ayat 2





________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn



______________                                                                          __________________

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     4.   Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
Kompetensi Dasar             :     4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x Pertemuan)



A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi;
  1. menjelaskan akibat jika tidak menerapkan kehidupan demokratis.

B.   Materi Pembelajaran

  1. Pentingya kehidupan demokrasi.
  2. Akibat jika tidak menerapkan kehidupan demokratis.

C.    Metode

·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi

 

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.








3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Siswa diajak untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar, yaitu pentingnya kehidupan demokrasi dalam dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
b.      Meminta siswa membentuk 8 kelompok diskusi dengan tema yang telah ditentukan.
c.      Meminta siswa mengerjakan tugas menelaah buku.

Penutup
a.       Mengumpulkan hasil telaah buku.
b.      Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit







60 menit








10 menit


2.      Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Siswa memperhatikan cerita guru tentang tidak diterapkannya nilai demokrasi.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit





10 menit



E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 100—118.
  2. Artikel/berita media massa
  3. LKS (jika ada)



F.     Penilaian
Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 117)
Pengamatan dan penulisan laporan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 118)
Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
Jelaskan pentingnya demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     4.   Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
Kompetensi Dasar             :     4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbegai kehidupan.
Indikator                           :     ·    Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan sekolah.
·         Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)



A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. mendemontrasikan sikap demokratis dalam pemilihan ketua OSIS;
  2. menampilkan sikap demokratis dalam bermusyawarah;
  3. mendemontrasikan sikap demokratis dalam pemilihan ketua RT.

B.     Materi Pembelajaran
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

C.    Metode Pembelajaran
  1. Telaah referensi
  2. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.








3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan berkaitan dengan budaya demokrasi.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Kelas dibagi menjadi 2 kelompok:
Kelompok I: mendiskusikan pemilihan ketua kelas secara demokratis.
Kelompok 2: mendiskusikan pemilihan ketua RT secara demokratis.
b.      Guru melakukan pengamatan.

Penutup
a.      Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan
b.      Guru melakukan tindak lanjut untuk mempersiapkan demonstrasi pada pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit





10    menit


2.         Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa, misalnya dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri”.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit







60 menit





10    enit



E.   Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 118—121
  2. Artikel/berita media massa

F.    Penilaian

  1. Pengamatan dan penulisan laporan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121)
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 120)
  3. Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
  4. Tes uraian 





________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat.
Indikator                           :     ·    Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat.
·         Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan.
Alokasi Waktu                  :     8 x 40 menit (4 x pertemuan)

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menyebutkan pengertian kedaulatan;
2.      membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar;
3.      mengemukakan 5 (lima) jenis teori kedaulatan;
4.      menjelaskan makna kedaulatan rakyat;
5.      menyebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat;
6.      mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen;
7.      mengemukakan tugas dan kewajiban DPR;
8.      menyebutkan hak-hak DPR;
9.      menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat;
10.  mengemukakan tugas dan kewajiban DPD.


B.   Materi Pokok

1.      Pengertian kedaulatan.
2.      Kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar.
3.      Jenis teori kedaulatan.
4.      Makna kedaulatan rakyat.
5.      Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

C.   Metode

  1. Telaah buku
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran


1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.











3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. 
c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat.
b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok yang telah dibentuk.
c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan.
d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.

Penutup
a.       Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi kedaulatan rakyat.

10 Menit








60 Menit











10 menit














2.         Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.








3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa melakukan kajian referensi dan kegiatan diskusi tentang lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
b.      Siswa menginventarisasi tugas dan kewajiban lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
c.       Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya.

Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit







60 Menit








10 Menit



3.         Pertemuan III

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.








3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi.
b.      Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi.



Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban MPR, DPR, dan DPD.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit






60 Menit








10 Menit



4.      Pertemuan IV
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.







3.

Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
b.      Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi.
c.       Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi.

Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban DPR Tingkat I, DPRD Tingkat II, dan BPD.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

10 Menit






60 menit







10 menit



E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 126—134.
  2. Artikel/berita media massa/media internet
  3. Foto tokoh pemerintahan
  4. UUD 1945





F.    Penilaian

      Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 127, 134). Untuk format, lihat Lampiran 1
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 133)
  3. Tes uraian
      Contoh:
    1. Jelaskan pengertian kedaulatan!
    2. Bedakan makna kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar!
    3. Berdasarkan teori kedaulatan negara, apa teori yang digunakan oleh Indonesia? Tunjukan landasan hukumnya!
    4. Jelaskan makna kedaulatan rakyat!
    5. Sebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat!
    6. Sebutkan tugas dan wewenang MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen!
    7. Sebutkan tugas dan wewenang DPR!
    8. Sebutkan hak-hak DPR!
    9. Jelaskan fungsi dan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!
    10. Sebutkan tugas DPD!

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn



______________                                                                          __________________


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator                           :     ·    Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
·         Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     8 x 40 menit (4 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pengertian system pemerintahan presidensial;
2.      menjelaskan pengertian system pemerintahan parlementer;
3.      membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer;
4.      menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia;
5.      menunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial.

B.     Materi Pokok
1.      Pengertian sistem pemerintahan presidensial.
2.      Pengertian sistem pemerintahan parlementer.
3.      Perbedaan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
4.      Sistem pemerintahan Indonesia.

C.   Metode

  1. Telaah buku
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran


1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.












3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. 
c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok yang telah dibentuk.
c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan.
d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.

Penutup
a.       Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial dengan parlemen.

10 Menit








60 Menit












10 menit


2.         Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.





3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang sistem pemerintahan presidensial dan parlemen.
b.      Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya.

Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai sistem pemerintahan presidensial dengan parlemen.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit







60 Menit




10 Menit



3.         Pertemuan III

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.










3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok lain.
c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan menanggapi.
d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.

Penutup
a.      Guru membimbing siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi sistem pemerintahan Indonesia.
 10 Menit






60 Menit










10 Menit














4.         Pertemuan IV
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.





3.

Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa berdiskusi tentang sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya.

Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
10 Menit






60 menit





10 menit


E.     Sumber Pembelajaran
1.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 134—145.
2.      Artikel/berita media massa/media internet/perpustakaan
3.      Foto tokoh pemerintahan

F.     Penilaian
        Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
1.      Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 139, 144, 145)
2.      Penugasan: mencari informasi dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140, 145). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
3.      Tes uraian
Contoh:
1.      Jelaskan pengertian sistem pemerintahan presidensial!
2.      Jelaskan pengertian sistem pemerintahan parlementer!
3.      Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
4.       Jelaskan sistem pemerintahan Indonesia!
5.      Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan                            bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn

______________                                                                          __________________





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.3 Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat.
·         Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)



A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat;
  2. menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.

B.   Materi Pokok

1.      Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat.
2.      Sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.

C.     Metode
  1. Analisis kasus
  2. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.













3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. 
c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.


Kegiatan Inti
a.       Siswa diberikan tugas untuk mendiskusikan:
  • kasus tentang pelaksanaan kedaulatan rakyat dan pelaksanaan pemerintahan Indonesia;
  • memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia;
  • mengiventarisasi contoh sikap positif terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa berdiskusi kasus tersebut dalam kelompok.

Penutup
a.       Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya untuk dipresentasikan.
b.      Siswa merefleksi kegiatan belajar yang telah dilakukannya.

10 Menit









60 Menit













10 menit


2.         Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.







3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang berupa tanggapan mereka terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa dalam kelompok lainnya memberikan tanggapan atau sanggahan.

Penutup
c.       Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi.
d.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit






60 Menit







10 Menit


E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 145—146
  2. Artikel/berita kasus media massa/media internet/perpustakaan


F.     Penilaian
  1. Penugasan: pengamatan dan penulisan laporan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 146)
  2. Tes uraian
Contoh:
1.      Apa yang kalian lakuka jika kalian memiliki hak pilih dalam PEMILU?
2.      Bagaimana sikap kalian jika di daerahmu ada kegiatan pemilihan kepala desa, tetapi kalian belum boleh memilih?
3.      Bagaimana sikap kalian terhadap peraturan yang telah ditetapkan kepala desa?
4.      Setujukah kamu jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasanmu!
5.      Setujukah kamu dengan pendapat bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan alasanmu!

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________






Tidak ada komentar:

Posting Komentar