RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Menjelaskan
Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
Indikator : · Menjelaskan pentingnya ideologi
bagi suatu bangsa dan negara.
·
Menguraikan
proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu
bangsa dan negara;
2.
menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar
negara;
3. menuliskan rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta;
4. menuliskan rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.
Materi Pembelajaran
1.
Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara.
2. Proses perumusan Pancasila sebagai dasar
negara.
Metode Pembelajaran
- Telaah referensi
- Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Ceramah bervariasi tentang pemahaman konsep ideologi
dan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa.
b. Kajian pustaka dan diskusi tentang
proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Penutup
a.
Mengumpulkan
hasil diskusi.
b.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
- Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain
menanggapi.
b.
Guru
memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan
hasil diskusi.
b. Melakukan refleksi.
c. Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa
mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 1—19.
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
- Media internet
Penilaian
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 3, 19)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
Kerja sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
2.
Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 10, 18)
3.
Mencari infomasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 7)
4.
Isian singkat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 11)
5. Tes
pilihan ganda
Contoh:
Pilihlah salah satu jawaban yang paling
tepat!
1. Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan
....
a. menjadi
bangsa yang kuat
b. memiliki gambaran masa depan yang di
cita-citakan*
c. mampu bersikap tegas terhadap pengaruh
bangsa lain
d. mampu mempertahankan kelangsungan hidup
bangsanya
2. Pancasila sebagai dasar negara secara
yuridis disahkan pada ...
a. tanggal 1 Juli 1945
b. tanggal 17 Agustus 1945
c. tanggal 18 Agustus 1945
d. tanggal 17 Agustus 1950
3. Rumusan Pancasila sebagai ideologi yang
benar dan sah tercantum
dalam ...
a.
Piagam
Jakarta
b.
UUD
1945
c.
Pembukaan
UUD 1945
d.
undang-undang
4. Ideologi negara Indonesia berasal dari ...
a. ideologi bangsa lain yang dianggap baik
b. nilai-nilai kehidupan dan kebudayaan
bangsa sendiri
c. pandangan para pendiri bangsa
d. pandangan seseorang yang dihormati
5. Berdasarkan Undang-Undang No.10 Tahun
2004, Pancasila berkedudukan sebagai ....
a. pandangan hidup bangsa
b. kepribadian bangsa
c. perjanjian luhur bangsa
d. sumber dari segala sumber hukum
6.
Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa!
2.
Tuliskan
rumusan Pancasila yang
tercantum dalam Piagam Jakarta
3. Tuliskan rumusan pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menguraikan
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
Indikator : · Menguraikan nilai-nilai yang
terkandung dalam sila Pancasila.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila digali dari
budaya bangsa Indonesia sejak zaman nenek moyang;
2. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila Pertama;
3. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila kedua;
4. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ketiga;
5. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila keempat;
6. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila kelima.
Materi Pembelajaran
Nilai-nilai Pancasila
Metode
Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Diskusi
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Secara
berkelompok, siswa ditugaskan menelaah nilai-nilai Pancasila melalui berbagai
buku sumber.
b.
Siswa
mempresentasikan hasil telaah di depan kelas.
Penutup
a.
Melakukan post test.
b.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
- Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Siswa
menelaah acara televisi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila dan mendiskusikannya dalam kelompok.
b.
Guru
memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.
Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 19—24.
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
- Media internet
Penilaian
- Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)
- Tes pilihan ganda
Contoh:
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan
yang adil dan beradab antara
lain adalah
....
a. menghargai
perbedaan pendapat
b. menghragai
hasil karya orang lain
c. memiliki
semangat gotong-royong
d.
menjunjung
tinggi prinsip persamaan derajat*
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25)
- Tes uraian
Contoh:
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
Berikan 5 contoh sikap yang sesuai dengan
nilai Pancasila di lingkungan sekolah!
- Penugasan (Tugas Proyek dan Presentasi)
Bentuklah lima kelompok. Tugas setiap
kelompok adalah mengidentifikasi dan
menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari
dalam lingkungan kalian yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari
Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil
kerja kelompok kalian di hadapan kelompok lain!
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok/presentasi.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
Kerja sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi
Dasar : 1.3 Menunjukkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Indikator : · Menjelaskan pentingnya sikap
positif tehadap Pancasila.
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa.
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pentingnya sikap positif
terhadap Pancasila;
2.
menunjukkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa.
B. Materi Pembelajaran
Sikap positif terhadap Pancasila
C. Metode Pembelajaran
- Analisis kasus
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Secara
berkelompok, siswa ditugaskan menganalisis kasus yang berkaitan dengan sikap
warga negara terhadap Pancasila (contoh kasus dapat berupa sikap postip untuk
kelompok tertentu dan sikap negatif untuk kelompok yang lain).
b.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
Penutup
d.
Melakukan post test.
e.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 24—25
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
- Media internet
F. Penilaian
- Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.
Jelaskan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
2.
Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam
kehidupan berbangsa!
3. Jelaskan pentingnya sikap positif terhadap
Pancasila!
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls
VIII-Esis, 2007, hlm. 25)
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi
Dasar : 1.4 Menampilkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
Indikator : · Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- Memberikan contoh dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menampilkan sikap perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
B.
Materi
Pembelajaran
Sikap Positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Metode Pembelajaran
- Analisis kasus
- Diskusi
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Tanya jawab tugas minggu sebelumnya.
b. Mengumpulkan hasil tugas.
c. Melakukan refleksi.
Penutup
a.
Melakukan post test.
b.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
menit
|
|
E.
Sumber
Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 25—26
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
F.
Penilaian
- Pengamatan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 26)
- Penugasan (Tugas Proyek dan diskusi)
Contoh:
Pendukung calon Kepala Daerah
yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap
positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok
dan laporkan hasilnya!
- Tes uraian
Contoh:
Berikan contoh sikap positif
positif terhadap Pancasila di
lingkungan sekolah!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 2.1 Menjelaskan
berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.
Indikator : · Menjelaskan pengertian konstitusi.
·
Menjelaskan
pentingnya konstitusi.
·
Menguraikan
konstitusi yang berlaku di Indonesia.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian konstitusi;
2. menjelaskan pentingnya konstitusi;
3. menyebutkan konstitusi yang pernah berlaku
di Indonesia;
4. menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 hasil amandemen;
5.
menjelaskan
sistem pemerintahan presidensial;
6. menjelaskan sistem pemerintahan
parlementer.
B. Materi
Pembelajaran
Berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
Metode
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Memberi penjelasan umum
tentang konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.
b.
Melakukan
kajian pustaka dengan menelaah sistem ketatanegaraan menurut UUD 1945,
Konstitusi RIS, UUDS 1950.
c.
Membagi siswa
menjadi 6 kelompok.
d. Tiap kelompok
berdiskusi berdiskusi sesuai tema atau topik yang ditentukan.
e.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Penutup
a.
Bersama siswa,
guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.
Pos test.
c. Guru melakukan tindak
lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
- hlm. 29—44 (ESIS, 2007), hlm. 29—44
- UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
- Artikel surat kabar tentang amandemen
Penilaian
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 32)
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34)
- Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 35)
Berikut ini format penilaian unjuk karya.
No
|
Nama Siswa
|
Kreativitas
|
Kerapian
|
Tampilan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
- Tes uraian (pada akhir kegiatan pembelajaran)
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan jelas!
1. Sebutkan
berbagai konstitusi yang pernah belaku di Indonesia!
2. Jelaskan sistem pemerintahan presidensial!
3. Jelaskan sistem pemerintahan parlementer!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 2.2 Menganalisis
penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia.
Indikator : · Menunjukkan penyimpangan terhadap
UUD 1945 pada periode 1945-1949.
·
Menunjukkan
contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959
hingga munculnya gerakan reformasi.
·
Menjelaskan
akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menunjukkan bukti-bukti penyimpangan
terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949;
- menunjukkan contoh penyimpangan
terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya
gerakan reformasi;
- menjelaskan akibat-akibat yang timbul
dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
B.
Materi Pembelajaran
- Bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949.
- Contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi.
- Akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
C. Metode
1. Penugasan
2. Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Memberi
penjelasan umum tentang tugas-tugas kelompok untuk mengkaji bahan pustaka
tentang penyimpangan terhadap konstitusi/UUD.
b.
Memberi tugas
pengkajian bahan pustaka secara berkelompok.
c.
Menugasi siswa
berdiskusi tentang akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap
konstitusi/UUD.
d. Meminta siswa
berpresentasi secara berkelompok.
Penutup
a.
Guru membimbing
siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.
Post test.
c. Guru melakukan tindak
lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 29—44
- Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
- UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
- Artikel surat kabar tentang amandemen
F.
Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34, 44)
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 44)
- Tes pilihan ganda dan tes uraian (akhir pertemuan pembelajaran)
Contoh:
- Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Bukti
penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949 adalah ....
a.
pemberlakuan UUDS
b.
berlakunya sistem parlementer*
c.
pembubaran Konstituante
d.
penangkatan Presiden seumur hidup
- Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Tunjukkan
contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959
hingga munculnya gerakan reformasi!
2. Jelaskan
akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 2.3 Menunjukkan
hasil-hasil amandemen UUD 1945.
Indikator : · Menguraikan kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD
1945.
·
Menunjukkan
pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menyebutkan kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD 1945;
- menjelaskan alasan tidak dilakukan perubahan dalam Pembukaan UUD 1945;
- memberi contoh pasal-pasal dalam UUD 1945 yang diubah;
- menunjukan pasal atau bab UUD 1945 yang dihapus;
- menunjukan pasal dalam UUD 1945 yang dipartahankan;
- membandingkan sistemaka UUD 1945 sebelum dan sesudah diamandemen.
B. Materi Pembelajaran
Kajian terhadap amandemen UUD 1945 meliputi:
- Amandemem UUD 1945
- Pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan
UUD 1945
C.
Metode
- Ceramah bervariasi
- Penugasan
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Penjelasan umum tentang
garis-garis besar materi yang akan dipelajari.
b.
Mengkaji
artikel tentang amandemen UUD 1945.
c.
Mengkaji naskah
UUD 1945 sebelum dan setelah diamandemen.
d.
Diskusi tentang
hasil-hasil amandemen UUD 1945.
Penutup
a.
Bersama siswa,
guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.
Post test.
c.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 44—47
- Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
- UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
- Artikel surat kabar tentang amandemen
F.
Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls
VIII-Esis, 2007, hlm. 47)
- Tes uraian dan PR (akhir kegiatan
pembelajaran)
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Sebutkan hasil kesepakatan MPR terhadap
perubahan UUD 1945!
2.
Jelaskan
mengapa tidak dilakukan perubahan dalam Pembukaan UUD 1945!
3.
Tuliskanlah salah satu contoh pasal UUD 1945 yang
diubah!
________,
__________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 2.4 Menampilkan
sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen.
Indikator : · Menerapkan perilaku sesuai dengan
pasal-pasal dalam UUD 1945.
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan manfaat dan pentingnya menerapkan UUD 1945;
- menampilkan sikap mematuhi UUD 1945.
B.
Materi Pembelajaran
Sikap Positif terhadap UUD 1945.
C. Metode
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Tanya jawab tentang pasal pasal UUD 1945.
b. Ceramah bervariasi pentingnya mentaati
UUD 1945.
c. Tanya jawab tentang contoh sikap
perilaku terhadap UUD 1945 hasil amandemen.
Penutup
a.
Bersama siswa,
guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.
Post test.
c.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 44—47
- Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
- UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
- Artikel surat kabar tentang amandemen
F.
Penilaian
- Wawancara dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)
- Tes skala sikap
Contoh:
Berilah tanda V (centang) pada kolom sebelah kanan.
No
|
Sikap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Mengikuti upacara bendera
|
|
|
|
|
|
2.
|
Masuk sekolah tepat waktu
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menghormati guru
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menghormati teman
|
|
|
|
|
|
5.
|
Berpartisipasi
dalam kegiatan sekolah
|
|
|
|
|
|
6.
|
Menghormat bendera dengan khidmat
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1
= selalu
2
= sering
3
= kadang-kadang
4
= pernah
5 = tidak
pernah
- Tes uraian (akhir kegiatan pembelajaran)
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional.
Kompetensi
Dasar : 3.1 Mengidentifikasi
tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
Indikator : · Menjelaskan fungsi peraturan
perundang-undangan nasional.
·
Menguraikan
jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan;
2. menyebutkan jenis dan tata urutan
peraturan perundang-undangan nasional;
3.
menjelaskan
fungsi kedudukan UUD 1945;
4.
menguraikan
fungsi dan kedudukan UU;
5. menguraikan fungsi dan kedudukan PP dan Perpu.
B. Materi Pembelajaran
- Fungsi peraturan perundang-undangan
- Jenis dan tata urutan
peraturan perundang-undangan nasional
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Menjelaskan
konsep fungsi peraturan perundang-undangan.
b.
Kajian
pustaka mengenai bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan
nasional.
Penutup
a. Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
b.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.
Mengadakan post test.
d.
Melakukan
refleksi pelaksanaan diskusi.
e.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
11 menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS, 2007), hlm. 54—63
- UU No. 10/ 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan
- UUD 1945
F. Penilaian
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 55, 63)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
Kerja sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 59)
- Isian singkat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)
- Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)
Berikut ini format penilaian unjuk karya.
No
|
Nama Siswa
|
Kreativitas
|
Kerapian
|
Tampilan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
- Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 61)
- Tes uraian dan pilihan ganda
Contoh:
·
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan fungsi peraturan
perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
2. Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan?
3. Sebutkan tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional menurut UU nomer 10 tahun 2004?
4. Jelaskan mengapa presiden membuat
peraturan pemerintah pengganti undang-undang!
5. Berikan
salah satu contoh peraturan daerah!
·
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat!
Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah
undang-undang adalah ....
a. Ketetapan
MPR
b. Peraturan
Pemerintah*
c. Peraturan
Presiden
d.
Keputusan Presiden
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional.
Kompetensi
Dasar : 3.2 Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan
perundang-undangan nasional.
Indikator : · Mendekripsikan proses pembuatan
undang-undang.
·
Mendeskripsikan
proses pembuatan peraturan daerah.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- menyebutkan tahap-tahap proses pembentukan undang-undang;
- menyebutkan tahap-tahap proses pembentukan Perda;
- menjelaskan proses pembentukan undang-undang pada tahap persiapan;
- menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan undang-undang;
- menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan Perda;
B. Materi Pembelajaran
- Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang.
- Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah.
C. Metode
- Ceramah bervariasi
- Berdiskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Memberi
penjelasan konsep secara umum tentang proses pembuatan peraturan
perundang-undangan.
b. Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
c. Membagi
siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah ditentukan.
d. Meminta
siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.
Penutup
a.
Mengumpulkan
hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi pelaksanaan diskusi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk persiapan presentasi
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain
menanggapi.
b.
Guru
memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.
Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 63—70
- Artikel/berita surat
kabar, media internet
- LKS (jika ada)
F.
Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 69)
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 70)
Berikut ini format penilaian
diskusi.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
Kerja sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
3.
Penugasan (PR)
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.
Sebutkan tahap-tahap pembentukan undang-undang
dan Perda!
2.
Sebtkan
lembaga yang terlibat dalam pembentukan undang-undang dan Perda
3.
Jelaskan
proses tahap persiapan pembentukan
undang-undang!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional.
Kompetensi
Dasar : 3.3 Menaati
peraturan perundang-undangan nasional.
Indikator : · Menjelaskan kewajiban warga negara
terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
· Menunjukkan ketaatan terhadap
peraturan perundang-undangan.
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan;
- menunjukkan ketaatan terhadap
peraturan perundang-undangan.
B. Materi Pembelajaran
- Kewajiban warga negara
terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
- Bentuk ketaatan
terhadap peraturan perundang-undangan.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
c. Menjelaskan
konsep kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan
perundang-undangan.
d.
Tanya
jawab tentang bentuk ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.
Penutup
a. Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
b.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.
Mengadakan post test.
d.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
12 menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS,
2007), hlm. 70—74
- Peraturan Perundang-undangan
- Artikel/berita surat kabar
F. Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 73)
- Tes uraian
- Penugasan (PR)
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan
nasional.
Kompetensi
Dasar : 3.4 Mengidentifikasi
kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
Indikator : · Mengidentifikasi kasus korupsi di
daerah.
·
Menunjukkan
upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- mengidentifikasi kasus korupsi di daerah;
- menunjukkan upaya pemberantasan
korupsi di Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
- Kasus korupsi di daerah.
- Usaha pemberantasan korupsi
di Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Memberi
penjelasan umum tentang kasus korupsi di Indonesia.
b.
Memberi tugas
pengkajian bahan pustaka secara berkelompok.
c.
Menugasi siswa
berdiskusi tentang kasus korupsi di Indonesia dan upaya pemberantasannya.
d.
Meminta siswa berpresentasi secara berkelompok
Penutup
a. Bersama siswa, guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.
Mengadakan post test.
d.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
|
10 menit
60 menit
10 menit
13 enit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS,
2007), hlm. 77—87
- Pemberitaan media massa mengenai kasus korupsi di Indonesia dan upaya pemberantasannya
F. Penilaian
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 79). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 83, 87)
- Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 84, 87). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
- Penugasan (tugas rumah)
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional.
Kompetensi
Dasar : 3.5 Mendeskripsikan
pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di
Indonesia.
Indikator : · Merumuskan pengertian korupsi.
·
Menyebutkan
landasan hukum pemberantasan korupsi.
·
Menyebutkan
lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
Alokasi
Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- merumuskan pengertian korupsi.
- menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi.
- menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian korupsi.
- Landasan hukum pemberantasan korupsi.
- Lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Memberi
penjelasan umum tentang kasus korupsi, landasan hukum pemberantasan korupsi,
dan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi yang ada di Indonesia.
b.
Memberi tugas
pengkajian bahan pustaka secara berkelompok.
c.
Menugasi siswa
berdiskusi tentang landasan hukum dan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
di Indonesia.
d.
Meminta siswa berpresentasi secara
berkelompok.
Penutup
a. Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
c.
Mengadakan post test.
d.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberi tugas.
|
10 menit
60 menit
10 menit
14 enit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS,
2007), hlm. 87—92
- UU No. 29 Thn 1999, UU No. 31 Thn 1999
F. Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 91)
- Mencari informasi dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 92). Untuk format penilaian diskusi, lihat Lampiran 1
- Tes uraian
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai
kehidupan.
Kompetensi
Dasar : 4.1 Menjelaskan hakikat
demokrasi.
Indikator : · Menjelaskan pengertian demokrasi.
·
Menguraikan
sejarah perkembangan dan demokrasi.
·
Menguraikan
macam-macam demokrasi.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x Pertemuan)
A. Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan
pengertian demokrasi;
2. menguraikan
sejarah perkembangan demokrasi;
3. menguraikan macam-macam demokrasi.
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian demokrasi.
- Sejarah perkembangan demokrasi.
- Macam-macam demokrasi.
C. Metode
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang
sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
b. Membagi siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah
ditentukan.
c. Meminta siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan
tugas yang diberikan.
Penutup
a.
Mengumpulkan
hasil diskusi.
b.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
c.
Melakukan
refleksi.
d.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa untuk mempersiapkan presentasi pada
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain
menanggapi.
b.
Guru
memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.
Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 100—118.
- Artikel/berita media massa
- LKS (jika ada)
F.
Penilaian
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 101)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
Kerja sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
- Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 103)
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)
- Membuat tulisan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)
- Tes uraian dan pilihan ganda.
Contoh:
·
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan jelas!
1. Jelaskan
pengertian demokrasi?
2. Jelaskan
sejarah perkembangan demokrasi?
3. Uraikan
macam-macam demokrasi.?
·
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat!
- Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana
karena....
a.
jumlah
penduduknya sedikit*
b.
permasalahannya
sederhana
c.
kehidupan
politik-nya stabil
d.
masyarakatnya homogen
2.
Demokrasi
yang diterapkan di negara-negara Barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi ....
a.
rakyat
b.
liberal*
c.
totaliter
d.
terpimpin
- Di bawah ini yang merupakan penerapan demokrasi langsung adalah pemilihan ….
a.
kepala desa
b.
camat
c.
ketua pengadilan
d.
ketua DPRD
- Dasar hukum demokrasi di di Indonesia terdapat dalam UUD 1945 pasal….
a. 1
ayat 1
b. 1
ayat 2
c. 2
ayat 1
d. 2
ayat 2
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai
kehidupan.
Kompetensi
Dasar : 4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan
demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Indikator : · Menjelaskan pentingnya kehidupan
demokrasi.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi;
- menjelaskan akibat jika tidak menerapkan
kehidupan demokratis.
B. Materi Pembelajaran
- Pentingya kehidupan demokrasi.
- Akibat jika tidak menerapkan kehidupan demokratis.
C.
Metode
·
Ceramah bervariasi
·
Diskusi
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa.
Kegiatan Inti
a. Siswa diajak untuk menelaah bahan atau
materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar, yaitu pentingnya kehidupan demokrasi dalam dalam
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
b. Meminta siswa membentuk 8 kelompok
diskusi dengan tema yang telah ditentukan.
c. Meminta siswa mengerjakan tugas menelaah
buku.
Penutup
a.
Mengumpulkan
hasil telaah buku.
b.
Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan
c.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Siswa memperhatikan cerita guru tentang tidak
diterapkannya nilai demokrasi.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain
menanggapi.
b.
Guru
memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.
Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 100—118.
- Artikel/berita media massa
- LKS (jika ada)
F. Penilaian
Mengemukakan pendapat (buku PKn
Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 117)
Pengamatan dan penulisan laporan
(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 118)
Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah
ini dengan singkat dan jelas!
Jelaskan pentingnya demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai
kehidupan.
Kompetensi
Dasar : 4.3 Menunjukkan
sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbegai kehidupan.
Indikator : · Menampilkan sikap demokratis dalam
kehidupan sekolah.
·
Menampilkan
sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- mendemontrasikan sikap demokratis dalam pemilihan ketua OSIS;
- menampilkan sikap demokratis dalam bermusyawarah;
- mendemontrasikan sikap demokratis dalam
pemilihan ketua RT.
B.
Materi Pembelajaran
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
C.
Metode Pembelajaran
- Telaah referensi
- Diskusi
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa dengan memberi pertanyaan berkaitan dengan budaya
demokrasi.
Kegiatan Inti
a. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok:
Kelompok I: mendiskusikan pemilihan ketua kelas
secara demokratis.
Kelompok 2: mendiskusikan pemilihan
ketua RT secara demokratis.
b.
Guru
melakukan pengamatan.
Penutup
a.
Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan
b. Guru melakukan tindak lanjut untuk mempersiapkan
demonstrasi pada pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas,
dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa, misalnya dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri”.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain
menanggapi.
b.
Guru
memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.
Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.
Melakukan
refleksi.
c.
Melakukan
tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
60 menit
10 enit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 118—121
- Artikel/berita media massa
F.
Penilaian
- Pengamatan dan penulisan laporan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121)
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 120)
- Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
- Tes uraian
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 5.1 Menjelaskan
makna kedaulatan rakyat.
Indikator : · Merumuskan pengertian kedaulatan
rakyat.
·
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan.
Alokasi
Waktu : 8 x
40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1. menyebutkan
pengertian kedaulatan;
2.
membedakan
kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar;
3. mengemukakan
5 (lima) jenis teori kedaulatan;
4. menjelaskan
makna kedaulatan rakyat;
5.
menyebutkan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat;
6. mengemukakan
tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen;
7. mengemukakan
tugas dan kewajiban DPR;
8. menyebutkan
hak-hak DPR;
9.
menjelaskan
peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat;
10.
mengemukakan
tugas dan kewajiban DPD.
B. Materi Pokok
1. Pengertian
kedaulatan.
2.
Kedaulatan
ke dalam dan kedaulatan keluar.
3. Jenis
teori kedaulatan.
4. Makna
kedaulatan rakyat.
5. Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat.
C. Metode
- Telaah buku
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses
pembelajaran
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan.
c.
Siswa
menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat.
b.
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok yang telah
dibentuk.
c.
Siswa
menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi
tanggapan.
d.
Siswa
memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.
Penutup
a.
Dibimbing
guru, siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi.
b.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi
kedaulatan rakyat.
|
10 Menit
60 Menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi.
c.
Siswa
menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
melakukan kajian referensi
dan kegiatan diskusi
tentang lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
b. Siswa menginventarisasi tugas dan kewajiban lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat.
c. Siswa membuat rangkuman hasil diskusi
kelompoknya.
Penutup
a.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan mengenai lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan
rakyat.
b.
Siswa
mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
|
10 Menit
60 Menit
10 Menit
|
|
3.
Pertemuan III
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi.
c.
Siswa
menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a. Siswa mempersentasikan hasil diskusi
kelompoknya. Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang
hasil diskusi.
b. Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi
yang telah mendapat klarifikasi.
Penutup
a.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban MPR, DPR, dan DPD.
b.
Siswa
mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
|
10 Menit
60 Menit
10 Menit
|
|
4. Pertemuan IV
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai
indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b. Siswa membentuk kelompok diskusi.
c. Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a. Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
b. Siswa menyimak klarifikasi dari guru
tentang hasil diskusi.
c. Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi
yang telah mendapat klarifikasi.
Penutup
a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan
sekitar tugas dan kewajiban DPR Tingkat I, DPRD Tingkat II, dan BPD.
b. Siswa mendapat tugas mandiri sebagai
bahan pendalaman materi.
|
10 Menit
60 menit
10
menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 126—134.
- Artikel/berita media massa/media internet
- Foto tokoh pemerintahan
- UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilakukan selama
proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 127, 134). Untuk format,
lihat Lampiran 1
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls
VIII-Esis, 2007, hlm. 133)
- Tes uraian
Contoh:
- Jelaskan pengertian kedaulatan!
- Bedakan makna kedaulatan ke dalam
dan kedaulatan ke luar!
- Berdasarkan teori kedaulatan negara, apa teori yang
digunakan oleh Indonesia?
Tunjukan landasan hukumnya!
- Jelaskan makna kedaulatan rakyat!
- Sebutkan lembaga-lembaga pelaksana
kedaulatan rakyat!
- Sebutkan tugas dan wewenang MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen!
- Sebutkan tugas dan wewenang DPR!
- Sebutkan hak-hak DPR!
- Jelaskan fungsi dan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang
berasas kedaulatan rakyat!
- Sebutkan tugas DPD!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 5.2 Mendeskripsikan
sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator : · Membandingkan sistem pemerintahan
presidensial dengan parlementer.
·
Menjelaskan
sistem pemerintahan Indonesia.
Alokasi
Waktu : 8 x
40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan pengertian system pemerintahan
presidensial;
2.
menjelaskan pengertian system pemerintahan parlementer;
3. membandingkan sistem pemerintahan
presidensial dengan parlementer;
4.
menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia;
5.
menunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang
menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial.
B. Materi Pokok
1.
Pengertian sistem pemerintahan presidensial.
2.
Pengertian sistem pemerintahan parlementer.
3. Perbedaan sistem pemerintahan presidensial
dengan parlementer.
4.
Sistem pemerintahan Indonesia.
C. Metode
- Telaah buku
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses
pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan.
c.
Siswa
menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan
presidensial dengan parlementer.
b.
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok yang telah
dibentuk.
c.
Siswa
menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi
tanggapan.
d.
Siswa
memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.
Penutup
a.
Dibimbing
guru, siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi.
b.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan sistem
pemerintahan presidensial dengan parlemen.
|
10 Menit
60 Menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi.
c.
Siswa
menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
melakukan kegiatan diskusi tentang sistem pemerintahan presidensial dan
parlemen.
b. Siswa membuat rangkuman hasil diskusi
kelompoknya.
Penutup
a.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan mengenai sistem pemerintahan presidensial
dengan parlemen.
b.
Siswa
mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
|
10 Menit
60 Menit
10 Menit
|
|
3.
Pertemuan III
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi.
c.
Siswa
menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan
Indonesia.
b.
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok lain.
c.
Siswa
menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan menanggapi.
d.
Siswa
memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.
Penutup
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
yang telah mendapat klarifikasi.
b.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi
sistem pemerintahan Indonesia.
|
10 Menit
60 Menit
10 Menit
|
|
4.
Pertemuan IV
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai
indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b. Siswa membentuk kelompok diskusi.
c. Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a. Siswa berdiskusi tentang sistem
pemerintahan Indonesia.
b. Siswa membuat rangkuman hasil diskusi
kelompoknya.
Penutup
a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan
sekitar sistem pemerintahan Indonesia.
b.
Siswa
mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
|
10 Menit
60 menit
10
menit
|
|
E. Sumber Pembelajaran
1.
Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 134—145.
2.
Artikel/berita media massa/media internet/perpustakaan
3.
Foto tokoh pemerintahan
F.
Penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls
VIII-Esis, 2007, hlm. 139, 144, 145)
2. Penugasan: mencari informasi dan diskusi (buku
PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140,
145). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
3. Tes uraian
Contoh:
1. Jelaskan
pengertian sistem pemerintahan presidensial!
2. Jelaskan
pengertian sistem pemerintahan parlementer!
3. Bandingkan sistem pemerintahan
presidensial dengan parlementer
4.
Jelaskan sistem pemerintahan Indonesia!
5. Tunjukkan
ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia
adalah sistem presidensial!
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar
Kompetensi : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 5.3 Menunjukkan
sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator : · Menunjukkan sikap positif terhadap
kedaulatan rakyat.
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.
Alokasi
Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
- menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat;
- menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.
B. Materi Pokok
1.
Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat.
2.
Sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.
C. Metode
- Analisis kasus
- Diskusi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan I
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses
pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan.
c.
Siswa
menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
diberikan tugas untuk mendiskusikan:
b.
Siswa
berdiskusi kasus tersebut dalam kelompok.
Penutup
a.
Siswa
menyiapkan hasil diskusi kelompoknya untuk dipresentasikan.
b.
Siswa
merefleksi kegiatan belajar yang telah dilakukannya.
|
10 Menit
60 Menit
10 menit
|
|
2.
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b.
Siswa
membentuk kelompok diskusi.
c.
Siswa
menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi yang berupa tanggapan mereka terhadap
pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
b.
Siswa
dalam kelompok lainnya memberikan tanggapan atau sanggahan.
Penutup
c.
Guru
membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi.
d.
Siswa
mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
|
10 Menit
60 Menit
10 Menit
|
|
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,
2007), hlm. 145—146
- Artikel/berita kasus media massa/media internet/perpustakaan
F.
Penilaian
- Penugasan: pengamatan dan penulisan laporan (buku
PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm.
146)
- Tes uraian
Contoh:
1.
Apa
yang kalian lakuka jika
kalian memiliki hak pilih dalam PEMILU?
2.
Bagaimana
sikap kalian jika di daerahmu
ada kegiatan pemilihan kepala desa, tetapi kalian belum boleh memilih?
3.
Bagaimana
sikap kalian terhadap peraturan yang telah ditetapkan kepala desa?
4. Setujukah kamu jika DPR diangkat tanpa
melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan
alasanmu!
5. Setujukah
kamu dengan pendapat bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak
wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan alasanmu!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PKn
______________ __________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar