Senin, 26 Maret 2012

SILABUS SENI MUSIK KELAS VII, VIII, IX SMP ARIYA METTA


SILABUS


                                               
Sekolah                                   :   SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :   VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  3. Mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1.    Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat
3.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat






·         Pengenalan ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat



·       Mendengarkan lagu etnik  daerah setempat
·       Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat
·       Mengkaji elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat
·       Mempresentasikan hasil diskusi
·         Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah setempat
·         Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo,nada,dinamika dan  dari lagu daerah setempat
·         Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan)  yang ada  di daerah setempat

Tes
lisan

Tes uraian
·   Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan

·   Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat

4



4

Audio visual

Buku teks

Alat musik/ sumber bunyi


SILABUS


                                               
Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 1 ( Satu )
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1.    Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
4.2.    Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat





·         Mengaransir ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat


·       Mendengarkan lagu etnik daerah setempat
·         Membaca notasi/karya lagu daerah setempat
·         Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika lagu etnik daerah setempat
·         Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat
·         Menyajikan hasil aransemen secara sederhana

  • Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
  • Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat

  • Menampilkan aransemen lagu etnik setempat  secara perorangan atau kelompok



Unjuk kerja
Tes Identifikasi
·         Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan
·         Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik yang diperdengarkan
·         Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih

6






6
Audio visual/ pertunjukan musik etnis

Buku teks

Alat musik/ sumber bunyi

 

 

 



SILABUS


                                               
Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  11. mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat
11.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik daerah setempat





·        Tanggapan tentang karya musik nusantara
·         Membaca referensi tentang musik daerah setempat/ nusantara
·         Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat/ nusantara
·         Menukis penulaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat/ nusantara yang diperdengarkan
·         Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya
·         Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya
·         Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat


Tes
Tes tulis
·         Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
·         Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
·         Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat
4




4








Buku teks

Tape
recorder

Lagu lagu daerah setempat







SILABUS


                                               
Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  12. Mengekspresikan  karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1  mengaransir secara sederhana karya kagu daerah setempat
12.2  menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas



·         Aransemen sederhana lagu daerah setempat
·         Mendengarkan lagu etnik daerah setempat / nusantara
·         Membaca notasi / karya musik daerah setempat/ nusantara
·         Menuliskan pola irama lagu daerah setempat / nusantara
·         Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat
·         Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok

·         Menjelaskan prosedur mengaransir musik
·         Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
·         Membuat perencanaan pagelaran
·         Menyanyikan lagu aerah setempat dengan aransemen sederhana
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
·         Tirukan nada, irama, dan dinamika lagu yang diperdegarkan
·         Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik yang dipilih
4



4
Buku teks


Lagu lagu daerah setempat




SILABUS

Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VIII / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  3. Mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara








3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara



Musik nusantara












Karya musik nusantara

  • Mendengarkan jenis lagu etnik nusantara
  • Mendiskusikan ciri khas lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara
  • Bertanya jawab tentang lagu yang didengar berdasarkan elemen musiknya
  • Mengungkapkan keunikan atau keindahan dan pesan dari lagu yang didengar
  • Menuliskan tanggapan pribadi tentang lagu yang didengar


·         Menentukan jenis lagu yang diperdengarkan
·         Menidentifikasi crri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara




·         Mengidentifikasi lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya
·         Menuliskan/ mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar

Tes tulis

Uraian

·   sebutkan 5 judul lagu nusantara
·   sebutkan perbedaan ciri-ciri dari ragam musik nusantara  :
a. Musik anak-anak
b. Musik Perjuangan
c. Musik Dangdut
·   Berilah contoh lagu-lagu nusantara yang berfungsi sebagai :
a. Media pendidikan
b. Media hiburan
c. Media apresiasi
d. Pengiring tari
e. Sarana Ekonomi
·   Tuliskan pendapatmu mengenai makna lagu di nusantara

4 jam















4 jam

Lagu-lagu nusantara

Tape rekorder

Buku teks

SILABUS

                                               
Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VIII / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

4.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel





4.2  Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel



Lagu-lagu etnik nusantara












Karya musik nusantara
  • Menuliskan pola irama, nada, dinamika lagu etnik nusantara
  • Menuliskan jenis-jenis pola irama, untuk mengiringi lagu etnik nusantara
  • Menggabungkan elemen-elemen musik melalui alat musik
·   Mengaransir lagu etnik nusantara secara sederhana
·   Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat musik



·   Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah di aransir dalam versi alat musik
Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dalam versi vokal

Unjuk kerja

Uji petik

  • Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
  • Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik


6 jam













6 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks

 

SILABUS

                                               
Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VIII / 2 (Dua)
Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  11. mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

11.1 mengidentifikasi jenis karya senimusik tradisional nusantara





11.2. menampilkan sikap apresiatif trhadap keunikan seni musik tradisional nusantara


Musik nusantara












Karya musik nusantara
  • Mendengarkan berbagai musik nusantara
  • Mengambil aneka ragam ciri-ciri  elemen serta jenis alat musik yang didengarkan
  • Mengamati jenis alat musik sesuai dengan sumber bunyinya
  • Mengamati pola irama dari lagu yang diperdengarkan
  • Menjelaskan keunikan dan fungsi social musik etnik nusantara
·         Mengidentifikasi beragam karya musik nusantara sesuai dengan instrumentmusik yang digunakan
·         Mengidentifikasi elemen-elemen musik: irama tempo nada dan dinamika musik nusantara yang didengarkan
·         Mengungkapkan rasa / kesan dalam bentuk tulisan terhadap lagu yang di perdengarkan dari instrumen yang dipergunakan
Mengungkapkan kesan dalam tulisan terhadap isi syair lagu

Tes

Tes uraian

  • sebutkan 4 jenis musik nusantara
  • sebutkan sumber bunyi dari alat musik yang diperdengarkan
  • bagaimana pendapatmu mengenai perkembangan fungsi sosial musik etnik nusantara


2 jam













2 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks


SILABUS

                                               
Sekolah                                   :  SMP ARIYA METTA
Kelas/ Semester                      :  VIII / 2 (Dua)
Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :  12. mengekspresikan diri melalui karya seni musik 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1. mengaransir secara sederhana lagu tradisional nusantara


12.2. menyiapkan seni musik tradisional nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.




12.3 menyajikan karya seni musik tradision  nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.



Musik nusantara













  • Menuliskan paduan elemen-elemen musik yang akan digunakan untuk mengiringi laguetnik nusantara
  • Menuliskan secara lengkap elemen dan alat musik yang sudah di aransir
  • Mempersiapkan hasil aransemen, alat musik dan pendukung pentas secara lengkap







  • Menyajikan karya serta berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan dan kelompok.

  • Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara
  • Menyusun pola irama ,melodi berdasarkan musik nusantara
  • Membuat perencanaan pementasan didalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik nusantara
  • Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu maupun kelompok


  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu
  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis dalam ansambel musik



Tes unjuk kerja




















Tes unjuk kerja


Uji petik kerja prosedur




















Uji petik kerja prosedur



  • lengkapi hasli aransemen dalam bentuk tertulis berdasarkan masukan-masukan dari kelas
  • susunlah pola irama, melodi musik nusantara
  • latihkan hasil aransemen yang telah disempurnakan
  • mainkan lagu nusantara dengan alat musik guitar






  • pentaskan hasil aransemen secara utuh 
  • pentaskan hasil aransemen secara utuh 











6 jam





2 jam















4 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks



































Silabus


Sekolah                         : SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester            : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni Musik
Standar Kompetensi   : 3. Mengapresiasi  karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mengidentifikasi  lagu mancanegara di Asia









3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanega di Asia

Musik mancanegara
·    Mendengarkan musik/lagu   mancanegara
·    Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
·    Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara
·       Menyebutkan keunikan  dan pesan dari musik/lagu yang didengar
·       Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar
Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
·    Menentukan asal musik yang diperdengarkan
·    Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas  dari musik mancanegara
·    Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara




·   Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik  yang didengar.

Tes
Tes lisan
·         Dengarkan intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
a.       judul lagu
b.      irama
c.       tempo
d.      dinamik

·         Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar

·         Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar


·         Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar

2















6






CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu lagu mancanegara


Silabus


Sekolah                       : SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester            : IX (sembilan)/ I (satu)
Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni musik
Standar Kompetensi  : 4. Mengekspresikan  diri melalui karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Mengaransir lagu mancanegara di Asia
4.2  Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia


Musik mancanegara
·        Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara
·       Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki

·       Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen

·    Menampilkan hasil aransemen
·   Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
·   Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut
·   Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
·         Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
·         Pentaskan hasil aransemen secara utuh di kelas
·         Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
·         Pergelarkan  hasil aransemen secara utuh di kelas


6


6
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks  lagu- lagu       mancanegara

 

 

 


 

Silabus

Sekolah                       : SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester            : IX (sembilan) / 2 ( Dua )
Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni Musik
Standar Kompetensi  : 11. mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 mengidentifikasi jenis karya seni musik manca negara di lusr Asia



11.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di  luar Asia


Musik mancanegara
·    Mendengarkan musik/lagu   mancanegara
·    Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
·    Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara
·       Menyebutkan keunikan  dan pesan dari musik/lagu yang didengar
·       Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar
Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
·    Menentukan asal musik yang diperdengarkan
·    Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas  dari musik mancanegara
·    Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara




·   Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik  yang didengar.

Tes
Tes lisan
·         Dengarkan intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
a. judul lagu
b. irama
c. tempo
d. dinamik

·         Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar

·         Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar


·         Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar

2







2
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu lagu mancanegara

 

Silabus


Sekolah                       : SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester            : IX (sembilan)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni Musik
Standar Kompetensi :  12. Mengekspresikan  diri melalui karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1    Mengaransir lagu mancanegara





12.2    Menyiapkan karya musik manca negara disajikan secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah





12.3    Menampilkan karya senimusik manca negara secara individu dan per kelompok di kelas atau di sekolah

Musik mancanegara
·        Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara
·       Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki

·       Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen








·    Menampilkan hasil aransemen
·   Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
·   Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut




·   Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
·   Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut

·   Memainkan dalam bentuk ansambel

·   Menyanyikan lagu pop nusantara dan manca negara
Tes unjuk kerja






















Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk



















Uji petik kerja prosedur dan produk
·    Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
·    hasil aransemen secara utuh di kelas



















·         Buatlah pergelaran musik nusantara dan mancanegara di kelas/sekolah


2










4












4

CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu lagu mancanegara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar