SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VII
(Tujuh)/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi
karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1.
Mengindentifikasi
jenis lagu daerah setempat
3.2. Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
|
·
Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat
|
· Mendengarkan
lagu etnik daerah setempat
· Menyaksikan
pertunjukan lagu etnik daerah setempat
· Mengkaji
elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat
· Mempresentasikan
hasil diskusi
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari
daerah setempat
·
Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,
tempo,nada,dinamika dan dari lagu
daerah setempat
·
Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan) yang ada
di daerah setempat
|
Tes
lisan
|
Tes uraian
|
· Bagaimana
pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan
· Berikan
tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat
|
4
4
|
Audio visual
Buku teks
Alat musik/ sumber bunyi
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VII (Tujuh)/ 1 ( Satu )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Mengaransir
secara sederhana karya lagu daerah setempat
4.2. Menampilkan
hasil aransemen karya lagu daerah setempat
|
·
Mengaransir ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat
|
· Mendengarkan
lagu etnik daerah setempat
·
Membaca notasi/karya lagu daerah setempat
·
Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika
lagu etnik daerah setempat
·
Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah
setempat
·
Menyajikan hasil aransemen secara sederhana
|
|
Unjuk kerja
|
Tes Identifikasi
|
·
Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang
diperdengarkan
·
Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu
etnik yang diperdengarkan
·
Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap
ditampilkan
·
Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat
musik (sumber suara) yang dipilih
|
6
6
|
Audio visual/ pertunjukan musik etnis
Buku teks
Alat musik/ sumber bunyi
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
11. mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1
Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat
11.2 Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik daerah setempat
|
·
Tanggapan tentang karya musik nusantara
|
·
Membaca referensi tentang musik daerah setempat/
nusantara
·
Mendengarkan beberapa karya musik daerah
setempat/ nusantara
·
Menukis penulaian tentang fungsi dan makna karya
musik daerah setempat/ nusantara yang diperdengarkan
|
·
Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik
sesuai dengan fungsinya
·
Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang
karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya
·
Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat
|
Tes
|
Tes tulis
|
·
Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu
beserta nama penciptanya
·
Berikan tanggapan tentang unsur musik yang
diperdengarkan
·
Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah
setempat
|
4
4
|
Buku teks
Tape
recorder
Lagu lagu daerah setempat
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
12. Mengekspresikan
karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 mengaransir secara sederhana karya kagu
daerah setempat
12.2 menyajikan karya seni musik daerah setempat
secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
·
Aransemen sederhana lagu daerah setempat
|
·
Mendengarkan lagu etnik daerah setempat /
nusantara
·
Membaca notasi / karya musik daerah setempat/
nusantara
·
Menuliskan pola irama lagu daerah setempat /
nusantara
·
Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat
·
Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik
perorangan maupun berkelompok
|
·
Menjelaskan prosedur mengaransir musik
·
Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah
setempat
·
Membuat perencanaan pagelaran
·
Menyanyikan lagu aerah setempat dengan aransemen
sederhana
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
·
Tirukan nada, irama, dan dinamika lagu yang
diperdegarkan
·
Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap
ditampilkan
·
Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat
musik yang dipilih
|
4
4
|
Buku teks
Lagu lagu daerah setempat
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VIII / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi
karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mengidentifikasi jenis lagu
Nusantara
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan lagu Nusantara
|
Musik nusantara
Karya musik nusantara
|
|
·
Menentukan
jenis lagu yang diperdengarkan
·
Menidentifikasi
crri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara
·
Mengidentifikasi
lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya
·
Menuliskan/ mengutarakan keunikan /keindahan dan
pesan dari lagu yang didengar
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· sebutkan 5
judul lagu nusantara
· sebutkan
perbedaan ciri-ciri dari ragam musik nusantara :
a. Musik anak-anak
b. Musik Perjuangan
c. Musik Dangdut
· Berilah
contoh lagu-lagu nusantara yang berfungsi sebagai :
a. Media pendidikan
b. Media hiburan
c. Media apresiasi
d. Pengiring tari
e. Sarana Ekonomi
· Tuliskan
pendapatmu mengenai makna lagu di nusantara
|
4 jam
4 jam
|
Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VIII / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
4.2 Menampilkan
hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
|
Lagu-lagu etnik nusantara
Karya musik nusantara
|
|
· Mengaransir
lagu etnik nusantara secara sederhana
· Memainkan
sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat
musik
· Memainkan
sebuah lagu etnik nusantara yang sudah di aransir dalam versi alat musik
Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah
diaransir dalam versi vokal
|
Unjuk kerja
|
Uji petik
|
|
6 jam
6 jam
|
Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VIII / 2 (Dua)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
11. mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1
mengidentifikasi jenis karya senimusik tradisional nusantara
11.2.
menampilkan sikap apresiatif trhadap keunikan seni musik tradisional
nusantara
|
Musik nusantara
Karya musik nusantara
|
|
·
Mengidentifikasi beragam karya musik nusantara
sesuai dengan instrumentmusik yang digunakan
·
Mengidentifikasi elemen-elemen musik: irama tempo
nada dan dinamika musik nusantara yang didengarkan
·
Mengungkapkan rasa / kesan dalam bentuk tulisan
terhadap lagu yang di perdengarkan dari instrumen yang dipergunakan
Mengungkapkan kesan dalam tulisan terhadap isi
syair lagu
|
Tes
|
Tes uraian
|
|
2 jam
2 jam
|
Lagu-lagu
nusantara
Tape rekorder
Buku teks
|
SILABUS
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/
Semester : VIII / 2 (Dua)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
12. mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1.
mengaransir secara sederhana lagu tradisional nusantara
12.2.
menyiapkan seni musik tradisional nusantara untuk disajikan secara
perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.
12.3
menyajikan karya seni musik tradision
nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas
atau sekolah.
|
Musik nusantara
|
|
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
prosedur
Uji petik kerja
prosedur
|
|
6 jam
2 jam
4 jam
|
Lagu-lagu
nusantara
Tape rekorder
Buku teks
|
Silabus
Sekolah : SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Musik
Standar Kompetensi
: 3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
3.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanega di Asia
|
Musik mancanegara
|
·
Mendengarkan musik/lagu mancanegara
· Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari
mancanegara
· Bertanya jawab tentang aspek sosial
dalam musik mancanegara
· Menyebutkan keunikan dan pesan dari musik/lagu yang didengar
· Mempresentasikan tentang manfaat fungsi
sosial budaya dar musik yang didengar
Menulis
pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
|
·
Menentukan asal musik yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur
budaya khas dari musik mancanegara
· Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam
budaya mancanegara
· Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar.
|
Tes
|
Tes lisan
|
·
Dengarkan
intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
a.
judul
lagu
b.
irama
c.
tempo
d.
dinamik
·
Sebutkan
unsur-unsur budaya dari musik yang didengar
·
Sebutkan
fungsi sosial dari musik yang didengar
·
Tuliskan
keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar
|
2
6
|
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu
lagu mancanegara
|
Silabus
Sekolah
: SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni musik
Standar Kompetensi
: 4. Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia
4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu
mancanegara di Asia
|
Musik
mancanegara
|
·
Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk
mengiringi lagu mancanegara
· Membuat iringan lagu mancanegara dengan
alat musik (sumber suara) yang dimiliki
· Mempersiapkan tulisan /partitur, alat
musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen
· Menampilkan hasil aransemen
|
· Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif
mancanegara
· Menyusun notasi, irama,tempo, dan
dinamika lagu tersebut
· Memainkan lagu hasil aransemen dengan
menggunakan alat musik yang tersedia
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
·
Nyanyikan
dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
·
Pentaskan
hasil aransemen secara utuh di kelas
·
Nyanyikan
dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
·
Pergelarkan hasil aransemen secara utuh di kelas
|
6
6
|
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu- lagu mancanegara
|
Silabus
Sekolah
: SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Musik
Standar Kompetensi
: 11. mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1 mengidentifikasi jenis karya seni
musik manca negara di lusr Asia
11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan lagu mancanegara di luar Asia
|
Musik mancanegara
|
·
Mendengarkan musik/lagu mancanegara
· Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari
mancanegara
· Bertanya jawab tentang aspek sosial
dalam musik mancanegara
· Menyebutkan keunikan dan pesan dari musik/lagu yang didengar
· Mempresentasikan tentang manfaat fungsi
sosial budaya dar musik yang didengar
Menulis
pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
|
·
Menentukan asal musik yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur
budaya khas dari musik mancanegara
· Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam
budaya mancanegara
· Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar.
|
Tes
|
Tes lisan
|
·
Dengarkan
intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
a. judul lagu
b. irama
c. tempo
d. dinamik
·
Sebutkan
unsur-unsur budaya dari musik yang didengar
·
Sebutkan
fungsi sosial dari musik yang didengar
·
Tuliskan
keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar
|
2
2
|
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu
lagu mancanegara
|
Silabus
Sekolah
: SMP ARIYA METTA
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Musik
Standar Kompetensi : 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mengaransir lagu mancanegara
12.2 Menyiapkan karya musik manca negara
disajikan secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah
12.3 Menampilkan karya senimusik manca negara
secara individu dan per kelompok di kelas atau di sekolah
|
Musik
mancanegara
|
·
Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk
mengiringi lagu mancanegara
· Membuat iringan lagu mancanegara dengan
alat musik (sumber suara) yang dimiliki
· Mempersiapkan tulisan /partitur, alat
musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen
· Menampilkan hasil aransemen
|
· Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif
mancanegara
· Menyusun notasi, irama,tempo, dan
dinamika lagu tersebut
· Memainkan lagu hasil aransemen dengan
menggunakan alat musik yang tersedia
· Menyusun notasi, irama,tempo, dan
dinamika lagu tersebut
· Memainkan dalam bentuk ansambel
· Menyanyikan lagu pop nusantara dan manca
negara
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
· Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah
diaransir dengan vokal dan alat musik
· hasil aransemen secara utuh di kelas
·
Buatlah
pergelaran musik nusantara dan mancanegara di kelas/sekolah
|
2
4
4
|
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lagu
lagu mancanegara
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar