SILABUS
MATA
PELAJARAN
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN ( PKN )
KELAS
VIII SEMESTER I
Silabus
Sekolah : SMP ARIYA
METTA
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi :
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan
ideologi negara
|
·
Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara
·
Menguraikan proses perumusan
Pancasila sebagai dasar negara
·
Menjelaskan pengertian Pancasila
sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh
|
Pancasila
sebagai dasar dan ideologi negara
|
Membaca
dan mendiskusikan isi tulisan tentang
Pancasila sebagai dasar da ideologi negara RI
|
Tes
Tulis
Penugasan
Tes
tulis
|
Tes
Pilihan
ganda
Tugas
rumah
Tes
Uraian
|
Dengan
berideologi, maka suatu bangsa akan ....
A. menjadi
bangsa yang kuat
B. memiliki
gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C. mampu
bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D. mampu
mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya
Bacalah
buku atau artikel tentang proses perumusan Pancasla sebagai dasar negara
dalam sidang BPUPKI tgl. 29 Mei-1 Juni 1945.
Buatlah ringkasan isi tulisan tersebut sepanjang kira-kira satu
halaman dan kumpulkan hasilnya!
Sila-sila
dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jelaskan
maksudnya dan berikan contoh tentang sila Persatuan Indonesia!
|
4x40’
|
Buku
teks,
buku
atau tulisan tentang Pancasila
,
|
1.2.
Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi negara
|
·
Menemukan nilai -nilai Pancasila
dalam buku Negara Kertagama
·
Menunjukkan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
·
Menguraikan nilai-nilai yang
terkandung dalam setiap sila Pancasila
|
Pancasila
sebagai dasar dan ideologi negara
|
Membaca
dan mengamati nilai-nilai Pancasila
|
Tes
tulis
Penugasan
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tugas proyek
Tes
Pilihan ganda
|
Istilah
Pancasila sudah ditemukan dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca.
Uraikan isi Pancsila tersebut!
Bagilah
kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok adalah mengidentifikasi dan menunjukkan
berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam
lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila.
Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja
kelompok Anda!
Nilai-nilai
yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain
adalah ....
A. menghargai
perbedaan pendapat
B. menghragai
hasil karya orang lain
C. memiliki
semangat gotong-royong
D. menjunjung
tinggi prinsip persamaan derajat*
|
4 x 40’
|
Buku teks,
buku atau tulisan
tentang nilai-nilai Pancasila
|
1.3.
Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
·
Menjelaskan pentingnya sikap positif
terhadap Pancasila
·
Menunjukkan sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan berbangsa
·
Menunjukkan sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan berbangsa
|
Pancasila
sebagai dasar dan ideologi negara
|
Mengamati
dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Pemberontakan G 30 S/PKI
merupakan penghianatan terhadap Pancasila. Jelaskan akibat-akibat yang
ditimbulkannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara!
Pancasila merupakan dasar
negara yang dapat mempersatukan bangsa. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung
pernyataan tersebut!
Pancasila merupakan dasar
negara yang seharusnya melandasi semua peraturan perundang-undangan.
Tunjukkan hal-hal yang positif jika pernyataan tersebut benar-benar
dilaksanakan!
|
2 x 40’
|
Buku
teks, UUD 1945
|
1.4.
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat
|
·
Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan politik
·
Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan ekonomi
·
Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan sosial
|
Pancasila
sebagai dasar dan ideologi negara
|
Mengamati
dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
Penugasan
Tes
tulis
Penugasan
|
Tugas
proyek
Tes
Uraian
Tugas
rumah
|
Pendukung calon Kepala Daerah
yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap
positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok
dan laporkan hasilnya!
Tunjukkan sikap positif seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika
barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran!
Di kota-kota besar sering
kita temui suatu kampung yang penduduknya berasal dari suku yang
berbeda-beda. Mereka hidup dengan rukun dan damai. Hal yang demikian
mencerminkan sikap positif positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya!
|
2 x 40’
|
Buku
teks, buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila
|
Standar
Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
2.1.Menjelaskan
ber-bagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
|
·
Menjelaskan sistem ketatanega raan
menurut UUD 1945
·
Menjelaskan sistem ketatanega raan
menurut Konstitusi RIS
·
Menjelaskan sistem ketatanega raan
menurut UUDS 1950
|
Sejarah
Perkembangan
UUD 1945
|
Menelaah
isi buku tentang perkembangan konstitusi dan UUD 1945.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan
pengertian negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik!
Dalam
sistem Konstitusi RIS terdapat negara di dalam negara. Jelaskan maksudnya!
Dalam
sistem UUDS 1950, Indonesia menerapkan bentuk republik parlementer. Jelaskan
maksudnya!
|
2x 40’
|
Buku
teks, UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
|
2.2. Menganalisis
penyimpanga-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia
|
·
Menunjukkan penyimpangan terhadap
UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949
·
Menunjukkan penyimpangan terhadap
UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan
reformasi
·
Menunjukkan akibat-akibat yang
timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
|
Sejarah
Perkembangan
UUD 1945
|
Mengkaji
penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Pilihan
ganda
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Bukti
penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
A. pemberlakuan
UUDS
B. berlakunya
sistem parlementer*
C. pembubaran
Konstituante
D. penangkatan
Presiden seumur hidup
Tunjukkan
contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama, 1949-1965!
Pada
masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh Presiden. Demikian pula
pada masa Orde Baru, sebagian anggota DPR dipilih oleh Presiden. Jelaskan
akibatnya!
|
2 x 40’
|
Buku
teks, buku tentang perkembangan ketatanega-raan republik Indonnesia
|
2.3. Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945
|
·
Menunjukkan adanya peluang untuk
melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945
·
Menjelaskan proses amandemen atau
perubahan UUD 1945
·
Menunjukkan pasal-pasal hasil
amandemen atau perubahan UUD 1945
|
Sejarah
Perkembangan
UUD 1945
|
Mengkaji
amandemen atau perubahan UUD 1945
|
Tes
Tulis
Tes
tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tugas
rumah
|
Pada
masa Orde Baru berkembang kemauan politik yang bermaksud mampertahankan UUD
1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
Jelaskan
prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945!
Buatlah
identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang
dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002.
|
2 x 40’
|
UUD
1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945
|
2.4
Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen
|
·
Menjelaskan pentingnya amandemen
atau perubahan UUD 1945
·
Menjelaskan pengaruh amandemen atau
perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi
·
Menjelaskan pengaruh amandemen atau
perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
|
Sejarah
Perkembangan
UUD 1945
|
Mengamati
respon terhadap amandemen UUD 1945
|
Tes tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan
pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 dalam menghadapi berbagi
perubahan!
Jelaskan
pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan
demokrasi!
Jelaskan
pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap perlindungan terhadap HAM!
|
2 x 40’
|
UUD
1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945
|
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
|
· Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem
peraturan perundang-undangan
· Menjelaskan
fungsi peraturan perundang-undangan
· Menguraikan
bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Membaca
isi Undang-Undang No. 10/Tahun 2004
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Urian
Tes
Pilihan
ganda
|
Kedudukan
UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan. Jelaskan
maksudnya!
Jelaskan
fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
Bentuk
peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah
Undang-Undang adalah ....
A. Ketetapan
MPR
B. Peraturan
Pemerintah*
C. Peraturan
Presiden
D. Keputusan
Presiden
|
2x40’
|
Buku
teks, Buku
UU
No.10/ 2004 tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan,
|
3.2.
Mendeskripsikan proses
pembuatan peraturan perundang-undangan
nasional
|
· Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang
· Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan
daerah
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengkaji
proses pembuatan peraturan perundang-undangan
|
Penugasan
Penugasan
|
Tugas
rumah
Tugas
rumah
|
Jelaskan
prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga
pengesahannya!
Jelaskan
prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan
peraturan daerah hingga pengesahannya!.
|
4 x 40’
|
Buku
teks, artikel, berita surat kabar
|
3.3.Menaati
peratur-an perundang-undangan nasional
|
· Menjelaskan
kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan
· Menunjukkan
ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengamati
dan mendiskusikan sikap terhadap peraturan perundang-undangan
|
Tes
tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tugas
rumah
|
Jelaskan
hubungan antara isi pasal 27 ayat (1) dengan keberadaan peraturan
perundang-undangan!
Buatlah
identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap
peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulissekurang-kurangnya
sepuluh contoh sikap atau perbuatan!
|
4 x 40’
|
Buku
teks, artikel, berita surat kabar
|
3.4.
Mengidentifi kasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
· Menunjukkan
upaya pemberan-tasan korupsi di Indonesia
· Mengidentifikasi
kasus korupsi di daerah
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengamati
pemberitaan media masa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi
|
Tes
tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tugas
rumah
|
Jelaskan
pengaruh Undang– Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana
Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!
Buatlah
identifikasi kasus korupsi di
daerah Anda yang sedang disidangkan atau telah divonis oleh
pengadilan!
|
2 x 40’
|
Buku
teks, berita media masa
|
3.5. Mengidenifi kasi pengertian anti
korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia
|
· Merumuskan
pengertian korupsi
· Menyebutkan
landasan hukum pemberantasan korupsi
· Menyebutkan
lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengkaji
UU No. 29 Thn 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari
KKN
UU
No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Buatlah
pengertian korupsi menurut pengertian Anda!
Sebutkan
landasan hukum pemberan tasan korupsi di Indonesia!
Sebutkan
lembaga-lembaga pemberan tasan korupsi di Indonesia!
|
4
x 40’
|
UU
No. 29 Thn 1999
UU
No. 31 Thn 1999
|
SILABUS
MATA
PELAJARAN
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN ( PKN )
KELAS
VIII SEMESTER II
Silabus
Nama Sekolah : SMP ARIYA
METTA
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Memahami
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1 Menjelaskan
hakikat demokrasi
|
· Menjelaskan
pengertian demokrasi
· Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi
· Menguraikan macam-macam demokrasi
|
Demokrasi dalam
berbagai aspek kehidupan
|
Menelaah buku atau
artikel tentang demokrasi dan
perkembangannya
|
Tes
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Pilihan ganda
Tes
Pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian
demokrasi secara etimologis maupun terminologis!
Pelaksanaan
demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana karena....
A. jumlah penduduk
nya sedikit*
B. permasalahannya sederhana
C. kehidupan politik-nya stabil
D. Masyarakatnya homogen
Demokrasi yang
diterapkan di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi
....
A. rakyat
B. liberal*
C. totaliter
D. terpimpin
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel
dll
|
4.2 Menjelaskan
pentingnya kehidupan
demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
· Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi
· Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam
kehidupan politik
· Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam
kehidupan ekonomi
|
Demokrasi dalam ber
bagai aspek kehidupan
|
Menelaah buku atau
artikel tentang kehidupan demokrasi
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan pentingnya
kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!
Tunjukkan cara-cara
pemilihan Presiden secara demokratis!
Tunjukkan bahwa
koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel
dll
|
4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
|
· Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi
· Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan
masyarakat
|
Demokrasi dalam
berbagai aspek kehidupan
|
Mengamati dan
mendiskusikan sikap terhadap demokratisasi
|
Penugasan
Tes tulis
|
Tugas rumah
Tes
Uraian
|
Tunjukkan kebaikan
budaya demokrasi dibanding budaya otoriter!
Jika suatu ketika
Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda lakukan terhadap
berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat.
|
8 x 40’
|
Buku teks, artikel,
pemberitaan media masa
|
Standar Kompetensi : 5. Memahami
kedaulatan rakya dan sistem pemerintahan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
|
·
Merumuskan pengertian kedaulatan
rakyat
· Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
|
Menelaah
sistem demokrasi menurut UUD 1945
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan
pengertian kedaulatan rakyat!
Jelaskan
peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!
|
8 x 40’
|
Buku
teks, UUD 1945
|
5.2. Mendeskripsikan
sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan
rakyat
|
·
Membandingkan sistem pemerintahan
presidensial dengan parlementer
·
Menjelaskan sistem pemerintahan
Indonesia
|
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
|
Menelaah
sistem demokrasi menurut UUD 1945
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Bandingkan
sistem pemerintahan presidensial dengan sistem pamerintahan parlementer
Tunjukkan
ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan
di Indonesia adalah sistem presidensial!
|
8 x 40’
|
Buku
teks, UUD 1945, UUDS 1950, Konstitusi RIS
|
5.3. Menunjukkan
sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
|
·
Menunjukkan sikap positif terhadap
kedaulatan rakyat
·
Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan
Indonesia
|
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
|
Mengamati
dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Setujukah
Anda jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu, dengan alasan penghematan
keuangan negara! Berikan alasan Anda!
Setujukah
Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak
wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan
|
4
x 40’
|
Buku
teks, artikel, pemberitaan media masa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar