Senin, 26 Maret 2012

SILABUS PKN KELAS VIII ARIYA METTA






SILABUS
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
KELAS VIII SEMESTER I





Silabus

Sekolah                  : SMP ARIYA METTA
Kelas                      : VIII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi  : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara


·      Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara










·      Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara









·      Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh



Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara

Membaca dan mendiskusikan isi tulisan tentang  Pancasila sebagai dasar da ideologi negara RI



Tes Tulis











Penugasan












Tes tulis


Tes
Pilihan ganda









Tugas rumah











Tes Uraian


Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
A.    menjadi bangsa yang kuat
B.   memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C.   mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D.   mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya

Bacalah buku atau artikel tentang proses perumusan Pancasla sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI tgl. 29 Mei-1 Juni 1945.  Buatlah ringkasan isi tulisan tersebut sepanjang kira-kira satu halaman dan kumpulkan hasilnya!




Sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jelaskan maksudnya dan berikan contoh tentang sila Persatuan Indonesia!

4x40’



Buku teks,
buku atau tulisan tentang Pancasila

,


1.2. Menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi negara



·      Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama


·      Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia











·      Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila




Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara

Membaca dan mengamati nilai-nilai Pancasila



Tes tulis





Penugasan














Tes tulis


Tes
Uraian




Tugas proyek













Tes
Pilihan ganda



Istilah Pancasila sudah ditemukan dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca. Uraikan isi Pancsila tersebut!

Bagilah kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok  adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok Anda!

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah ....
A.   menghargai perbedaan pendapat
B.   menghragai hasil karya orang lain
C.   memiliki semangat gotong-royong
D.   menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*


4 x 40’


Buku teks,
buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila

1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

·      Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila




·      Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa


·      Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
Mengamati dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Tes tulis







Tes tulis







Tes tulis


Tes
Uraian






Tes
Uraian






Tes
Uraian

Pemberontakan G 30 S/PKI merupakan penghianatan terhadap Pancasila. Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara!

Pancasila merupakan dasar negara yang dapat mempersatukan bangsa. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung pernyataan tersebut!


Pancasila merupakan dasar negara yang seharusnya melandasi semua peraturan perundang-undangan. Tunjukkan hal-hal yang positif jika pernyataan tersebut benar-benar dilaksanakan!
2 x 40’


Buku teks, UUD 1945


1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat

·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik





·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi


·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial


Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
Mengamati dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Penugasan








Tes tulis





Penugasan
Tugas proyek







Tes
Uraian




Tugas
rumah
Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!

Tunjukkan sikap positif  seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran!

Di kota-kota besar sering kita temui suatu kampung yang penduduknya berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka hidup dengan rukun dan damai. Hal yang demikian mencerminkan sikap positif positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya!

2 x 40’


Buku teks, buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila



Standar Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

2.1.Menjelaskan ber-bagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia


·      Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945

·      Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS

·      Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950

Sejarah
Perkembangan UUD 1945

Menelaah isi buku tentang perkembangan konstitusi dan UUD 1945.


Tes tulis





Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian




Tes
Uraian



Tes
Uraian


Jelaskan pengertian negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik!


Dalam sistem Konstitusi RIS terdapat negara di dalam negara. Jelaskan maksudnya!


Dalam sistem UUDS 1950, Indonesia menerapkan bentuk republik parlementer. Jelaskan maksudnya!


2x 40’


Buku teks, UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950


2.2.   Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia

·      Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949




·      Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi

·      Menunjukkan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengkaji penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD

Tes tulis








Tes tulis








Tes tulis



Tes
Pilihan ganda






Tes
Uraian







Tes
Uraian

Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
A.   pemberlakuan UUDS
B.   berlakunya sistem parlementer*
C.   pembubaran Konstituante
D.   penangkatan Presiden seumur hidup
Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama, 1949-1965!





Pada masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh Presiden. Demikian pula pada masa Orde Baru, sebagian anggota DPR dipilih oleh Presiden. Jelaskan akibatnya!
2 x 40’

Buku teks, buku tentang perkembangan ketatanega-raan republik Indonnesia


2.3.   Menunjukkan  hasil-hasil amandemen UUD 1945


·      Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945

·      Menjelaskan proses amandemen atau perubahan UUD 1945

·      Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengkaji amandemen atau perubahan UUD 1945

Tes Tulis






Tes tulis





Penugasan


Tes
Uraian





Tes
Uraian




Tugas rumah


Pada masa Orde Baru berkembang kemauan politik yang bermaksud mampertahankan UUD 1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
Jelaskan prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945!




Buatlah identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002.

2 x 40’


UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945

2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen
·      Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945


·      Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi

·      Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia

Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengamati respon terhadap amandemen UUD 1945

Tes tulis






Tes
tulis







Tes
tulis

Tes
Uraian





Tes
Uraian







Tes
Uraian
Jelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 dalam menghadapi berbagi perubahan!



Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi!





Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap  perlindungan terhadap HAM!
2 x 40’

UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945



Standar Kompetensi      : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

·     Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan

·     Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan

·     Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional


Peraturan Perundang-undangan nasional

Membaca isi Undang-Undang No. 10/Tahun 2004



Tes tulis






Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian





Tes
Urian



Tes
Pilihan ganda


Kedudukan UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan. Jelaskan maksudnya!


Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!


Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah Undang-Undang adalah ....
A.   Ketetapan MPR
B.    Peraturan Pemerintah*
C.   Peraturan Presiden
D.   Keputusan Presiden







2x40’



Buku teks, Buku
UU No.10/ 2004 tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan,



3.2. Mendeskripsikan proses
       pembuatan peraturan perundang-undangan nasional


·     Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang


·      Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah

Peraturan Perundang-undangan nasional

Mengkaji proses pembuatan peraturan perundang-undangan



Penugasan




Penugasan


Tugas rumah



Tugas rumah



Jelaskan prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga pengesahannya!

Jelaskan prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan peraturan daerah hingga pengesahannya!.

4 x 40’


Buku teks, artikel, berita surat kabar


3.3.Menaati peratur-an perundang-undangan nasional

·     Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan

·     Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
Peraturan Perundang-undangan nasional
Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap peraturan perundang-undangan



Tes tulis







Penugasan

Tes
Uraian






Tugas rumah

Jelaskan hubungan antara isi pasal 27 ayat (1) dengan keberadaan peraturan perundang-undangan!




Buatlah identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulissekurang-kurangnya sepuluh contoh sikap atau perbuatan!
4 x 40’

Buku teks, artikel, berita surat kabar


3.4. Mengidentifi kasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia


·     Menunjukkan upaya pemberan-tasan korupsi di Indonesia


·     Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah

Peraturan Perundang-undangan nasional


Mengamati pemberitaan media masa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi


Tes tulis





Penugasan

Tes
Uraian




Tugas rumah

Jelaskan pengaruh Undang– Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!
Buatlah identifikasi kasus korupsi  di daerah  Anda yang  sedang disidangkan atau telah divonis oleh pengadilan!
2 x 40’

Buku teks, berita media masa


3.5. Mengidenifi kasi pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia

·     Merumuskan pengertian korupsi

·     Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi

·     Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
Peraturan Perundang-undangan nasional
Mengkaji UU No. 29 Thn 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN
UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian


Tes
Uraian



Tes
Uraian
Buatlah pengertian korupsi menurut pengertian Anda!


Sebutkan landasan hukum pemberan tasan korupsi di Indonesia!


Sebutkan lembaga-lembaga pemberan tasan korupsi di Indonesia!
4 x 40’
UU No. 29 Thn 1999
UU No. 31 Thn 1999




































SILABUS
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
KELAS VIII SEMESTER II











Silabus

Nama Sekolah               : SMP ARIYA METTA
Kelas                                       : VIII
Mata pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                       : II ( dua )
Standar Kompetensi      : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1    Menjelaskan hakikat demokrasi



·      Menjelaskan
pengertian demokrasi

·      Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi






·      Menguraikan macam-macam demokrasi



Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

Menelaah buku atau artikel tentang  demokrasi dan perkembangannya


Tes



Tes tulis









Tes tulis


Tes
Uraian


Tes
Pilihan ganda







Tes
Pilihan ganda


Jelaskan pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis!

Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat  terlaksana karena....
A. jumlah penduduk
    nya sedikit*
B. permasalahannya sederhana
C. kehidupan politik-nya stabil
D.  Masyarakatnya homogen

Demokrasi yang diterapkan di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi ....
A.  rakyat
B.  liberal*
C.  totaliter
D.  terpimpin




4 x 40’



Buku teks, artikel dll


4.2    Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


·      Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi

·      Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik

·      Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi

Demokrasi dalam ber bagai aspek kehidupan
Menelaah buku atau artikel tentang kehidupan demokrasi

Tes tulis




Tes tulis






Tes tulis


Tes
Uraian



Tes
Uraian





Tes
Uraian


Jelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!


Tunjukkan cara-cara pemilihan Presiden secara demokratis!





Tunjukkan bahwa koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!


4 x 40’


Buku teks, artikel dll



4.3    Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan


·      Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi

·      Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat



Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap demokratisasi

Penugasan



Tes tulis

Tugas rumah


Tes
Uraian

Tunjukkan kebaikan budaya demokrasi dibanding budaya otoriter!

Jika suatu ketika Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda lakukan terhadap berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat.


8 x 40’

Buku teks, artikel, pemberitaan media masa



















Standar Kompetensi      : 5. Memahami kedaulatan rakya dan sistem pemerintahan di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



·     Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat

·     Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat


Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia

Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945



Tes tulis



Tes tulis



Tes
Uraian


Tes
Uraian



Jelaskan pengertian kedaulatan rakyat!


Jelaskan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!


8 x 40’



Buku teks, UUD 1945


5.2.   Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat

·     Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer

·     Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945


Tes tulis






Tes tulis


Tes
Uraian





Tes
Uraian


Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan sistem pamerintahan parlementer



Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!














8 x 40’


Buku teks, UUD 1945, UUDS 1950, Konstitusi RIS


5.3.   Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia

·     Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat



·     Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat
Tes tulis





Tes tulis


Tes
Uraian




Tes
Uraian


Setujukah Anda jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu, dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasan Anda!

Setujukah Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan
4 x 40’
Buku teks, artikel, pemberitaan media masa







Tidak ada komentar:

Posting Komentar